Pemetaan Sarana Prasarana Pembelajaran PJOK pada SMA/SMK Se-Kecamatan Kubu di Kabupaten Karangasem

Authors

  • I Made Krisnanta Berliyanta Undiksha
  • I Ketut Budaya Astra Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Suwiwa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v10i1.47193

Keywords:

Pemetaan, Sarana dan Prasarana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan  sarana dan prasarana PJOK di SMA/SMK se-Kecamatan Kubu. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah 4 sekolah SMA/SMK se-Kecematan Kubu. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan cara mengklasifikasikan jenis data yang diperoleh dari lembar instrument. Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut (1) Dari 38 jenis sarana pembelajaran tersebut pada masing-masing sekolah memiliki jumlah sarana yang berbeda-beda dan di totalkan secara keseluruhan dari SMA/SMK se-Kecamatan Kubu Jumlah sarana keseluruhan 297, yang berkondisi baik sebanyak 286 buah dengan persentase 96,3%. Selanjutnya yaitu sarana yang berkondisi rusak sebanyak 11 buah dengan persentase 3,8%.. Sarana yang berkondisi standart sebanyak 283 sarana dengan persentase 95,2 %, untuk yang modifikasi sebanyak 14 sarana dengan persentase 4,8 % dari jumlah total sarana keseluruhan yaitu 297. (2) Jumlah fasilitas prasarana dijumlahkan total keseluruhannya yaitu 18 prasarana dan yang berkondisi baik 18 dengan persentase 100 % berkondisi baik. Sedangkan dari 18 prasarana yang berstatus milik sendiri yaitu 16 dengan persentase 88,9% dan yang berstatus meminjam atau menyewa berjumlah 2 dengan persentase 11,1%.  Kemudian untuk status kualifikasi dari 18 prasarana untuk yang standart yaitu 18 dengan persentase 100% dan modifikasi sebanyak 0 modifikasi dengan persentase 0%. Disimpulkan bahwa Sarana dan prasarana penunjang pembelajaran PJOK di SMA/SMK se-Kecamatan Kubu ini sudah baik, namun pengelolaan serta perawatannya perlu ditingkatkan dan diperhatikan lagi.

References

Agi Ginanjar, Adang Suherman, Tite Juliantine, Y. H. (2018). Development Of Indonesia Scientific Publications On Physical Education In Reputable International Journals: A Bibliometric Analysis. Pendidikan Jasmani Olahraga, 3(1), 122–128. Http://Ejournal.Upi.Edu/Index.Php/Penjas/Index

Anas Junaedi. (2016). Survei Tingkat Kemajuan Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Di Sma, Smk, Dan Ma Negeri Se-Kabupaten Gresik. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(3), 834–842.

Firdaus, M., & Purnomo, A. M. I. (2015). Pemanfaatan Taman Rekreasi Selomangkleng (Klotok) Sebagai Sarana Dan Prasarana Olahraga Masyarakat Di Kota Kediri. Jurnal Sportif, 1(1), 81–99. Https://Doi.Org/10.29407/Js_Unpgri.V1i1.649

Ghiffary, M. (2020). Survei Ketersediaan Sarana Dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Tingkat Smp Di Kecamatan Buleleng. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(1), 34–41. Https://Doi.Org/10.23887/Jiku.V8i1.29638

Inanna, I. (2018). Peran Pendidikan Dalam Membangun Karakter Bangsa Yang Bermoral. Jekpend: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(1), 27. Https://Doi.Org/10.26858/Jekpend.V1i1.5057

Kanca, I. N. (2010). Metodologi Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani Dan Oahraga. Fok Singaraja.

Ketaren, A. M. A. (2021). Efektivitas Proses Pembelajaran Luring Peserta Didik Yang Tinggal Di Asrama Dan Daring Bagi Peserta Didik Di Luar Asrama Terhadap Hasil Belajar Pjok. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 9(1), 29–40. Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jjp/Article/View/36744

Made, Dr. I Tegeh, S.Pd., M. P. (2017). Metode Penelitian Pendidikan.

Muhajirin, I. (2016). Mapping Peminatan Dan Manajemen Kelas Bakat Istimewa Olahraga (Kbio) Sma Negeri 1 Slogohimo Di Kabupaten Wonogiri (Vol. 5, Issue December).

Pambudi, M. I., Winarno, M., & Dwiyogo, W. D. (2019). Perencanaan Dan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Malang, 4(1), 110–116. Http://Journal.Um.Ac.Id/Index.Php/Jptpp/

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352. Https://Doi.Org/10.24952/Fitrah.V3i2.945

Pratama, A. C., & Kuntjoro, B. F. T. (2018). Survei Sarana Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan, Sekolah Menengah Pertama Dan Sederajat. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 6(3), 561–564.

Purbatin, Y., & Suroto. (2017). Survei Tingkat Kemajuan Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan (Studi Pada Sd, Smp, Dan Sma Negeri Se- Kecamatan Prambon Ngajuk). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya, 05(03), 897–902.

Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Pemahaman Guru Pjok Tentang Standar Kompetensi Profesional. Journal Of Sport Education (Jope), 2(1), 10. Https://Doi.Org/10.31258/Jope.2.1.10-15

Sinta, T., Fatimah, N., & Hidayah, R. (2021). International Journal Of Active Learning The Development Of Cihoe Game As A Learning Media In The Elemental Chemistry Material. 6(2), 49–57.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.

Sujarweni, V. W. (2020). Metodologi Penelitian.

Uu No 3 Tahun 2005. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional Dengan. Presiden Ri, 1, 1–53.

Uu Nomor 24 Tahun 2007. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007. Ятыатат, Вы12у(235), 245. Http://Digilib.Unila.Ac.Id/11478/16/16. Bab Ii.Pdf

Widodo, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (Pjok) Terintegrasi Dengan Al-Islam Kemuhammadiyahan Bahasa Arab (Ismuba) Di Sd/Mi Muhammadiyah. Jendela Olahraga, 3(1), 48–56. Https://Doi.Org/10.26877/Jo.V3i1.2059

Widyasto, E. S. (2018). Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Kemampuan Mengajar Guru Penjas Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Atletik Di Smp Negeri 1 Ngaglik. Skripsi.

Yudi, A. A. (2012). Pengembangan Mutu Pendidikan Ditinjau Dari Segi Sarana Dan Prasarana (Sarana Dan Prasarana Pplp). Jurnal Cerdas Sifa, 1(1), 1–9.

Downloads

Published

2022-05-20

Issue

Section

Articles