PENERAPAN KOOPERATIF NHT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING SEPAKBOLA

Authors

  • Putu Ardi Desianta

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v1i2.472

Abstract

PENERAPAN KOOPERATIF NHT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING SEPAKBOLA

Putu Ardi Desianta

NIM. 0816011074

PENJASKESREK FOK Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Tengah Undiksha Singaraja, Jalan Udayana Singaraja-Bali Tlp. (0362) 32559

e-mail: Ardi_imoet_to@ymail.com

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing (kaki bagian dalam dan kaki bagian luar) sepakbola pada siswa kelas X4 SMA Negeri 1 Gerokgak tahun pelajaran 2012/2013.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, evaluasi, dan  refleksi. Subjek penelitian siswa kelas X4 SMA Negeri 1 Gerokgak, berjumlah 31 orang, terdiri dari 21 orang putra dan 10 orang  putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data pada siklus I aktivitas belajar teknik dasar passing (kaki bagian dalam dan kaki bagian luar) sepakbola secara klasikal sebesar 6,7 dan siklus II secara klasikal sebesar 7,9. Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 1,2. Persentase ketuntasan hasil belajar teknik dasar passing (kaki bagian dalam dan kaki bagian luar) pada siklus I secara klasikal sebesar 71,0% dan siklus II secara klasikal sebesar 83,9%. Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 12,9%.Berdasarkan analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing (kaki bagian dalam dan kaki bagian luar) sepakbola meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas X4 SMA Negeri 1 Gerokgak tahun pelajaran 2012/2013.

 

Abstract: This study aims to improve the activity and the results of learning the basic techniques of passing (inner leg and outer leg) X4 grade football at SMA Negeri 1 Gerokgak 2012/2013.Penelitian school year is an action research conducted in two cycles. Consisting of a plan of action, action, evaluation, and reflection. Research subjects graders X4 SMA Negeri 1 Gerokgak, totaling 31 people, consisting of 21 sons and 10 daughters. Data were analyzed using descriptive statistics. The results of the analysis of the data in the first cycle activities learn the basic techniques of passing (inner leg and outer leg) in the classical style of football at 6.7 and the second cycle in the classical style of 7.9. From the first cycle to the second cycle increased by 1.2. Percentage of completeness results learn the basic techniques of passing (inner leg and outer leg) in the first cycle of 71.0% in the classical and in the classical second cycle of 83.9%. From cycle I to cycle II, an increase of 12.9%. Based on data analysis and the discussion concluded that the activity and the results of learning the basic techniques of passing (inner leg and outer leg) football increased through the implementation of cooperative learning model type NHT grade students X4 SMA Negeri 1 Gerokgak school year 2012/2013.

Kata-kata Kunci: model pembelajaran kooperatif, NHT, aktivitas, hasil belajar, passing, sepakbola.

Published

2013-04-16

Issue

Section

Articles