Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Media Video Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Dribling Sepakbola

Authors

  • Yasir Hidayat Undiksha
  • I Nyoman Kanca Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Semarayasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v10i1.47370

Keywords:

Model Pembelajaran, Media Video, Sepakbola

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan media video meningkatkan motivasi dan hasil belajar dribbling sepakbola pada peserta didik. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran NHT berbantuan media video terhadap motivasi dan hasil belajar dribbling sepakbola pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Popopulasi yaitu seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sapeken, Sebanyak 100 orang, teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling, diperoleh kelas XI MIA I dengan jumlah 25 orang sebagai kelompok kontrol dan kelas XI MIA 2, 25 orang sebagai kelompok eksperimen. Analisis data menggunakan bantuan SPSS 16.0 for windows. Hasil analisis data bahwa nilai rata-rata 70,28  median sebesar 70,33 mode sebesar  88,00 dan standar deviasi ideal sebesar 15,171 hal ini menunjukkan bahwa signifikansi pada uji hipotesis diperoleh melalui Uji-t adalah 0.05 yaitu p>0,05 Disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan media video agar meningkatkan motivasi dan hasil belajar dribbling sepakbola secara signifikan

References

Bile, R. L., Tapo, Y. B. O., & Desi, A. K. (2021). Pengembangan Model Latihan Kebugaran Jasmani Berbasis Permainan Tradisional sebagai Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran PJOK. Jurnal Penjakora, 8(1), 71. https://doi.org/10.23887/penjakora.v8i1.30752.

Hasanah, N. R., Adi, I. P. P., & Suwiwa, I. G. (2021). Survey Pelaksaan Pembelajaran PJOK secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(1), 189–196. https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i1.1295

Indrayogi, I., & Rudi, R. (2020). Pengaruh Latihan Soccer Like Games Terhadap Peningkatan Keterampilan Passing dalam Permainan Sepakbola. Journal Respecs, 2(2),73https://doi.org/10.31949/jr.v2i2.2253.

Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2). https://doi.org/10.5281/zenodo.3892262.

Jumadi, F., Laksana, A. A. N. P., & Prananta, I. G. N. A. C. (2021). Efektivitas Pembelajaran PJOK pada Teknik Dasar Passing Bawah Permainan Bolavoli Melalui Media Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan Rekreasi, 7(2), 423–440.https://doi.org/10.5281/zenodo.5027642.

Kanca, I Nyoman. 2010a. Metodologi Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha

Karim, B. A. (2020). Pendidikan Perguruan Tinggi Era 4.0 Dalam Pandemi Covid-19 (Refleksi Sosiologis). Education and Learning Journal, 1(2), 102. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.54.

Mega, M., & Subhanadri, S. (2019). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi dan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD STKIP-MB. Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 342–356. https://doi.org/10.52060/mp.v4i2.169.

Rahmatullah, M. I. (2019). Pengembangan Konsep Pembelajaran Literasi Digital Berbasis Media ELearning pada Mata Pelajaran PJOK di SMA Kota Yogyakarta. Journal Of Sport Education (JOPE), 1(2), 56. https://doi.org/10.31258/jope.1.2.56-65.

Rochman, B., Indahwati, N., & Priambodo, A. (2020). Identifikasi Keterlaksanaan Pembelajaran PJOK Tingkat SMP di Masa Pandemi Covid 19 Se-Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1). https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1343.

Pradana, A. A. (2021). Strategi Pembentukan Karakter Siswa pada Jenjang Pendidikan Dasar Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Premiere : Journal of Islamic Elementary Education, 3(1), 78–93. https://doi.org/10.51675/jp.v3i1.128.

Riadin, A., & Jailani, M. (2019). Perbedaan Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi dengan Menerapkan Model Cooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) dan Tipe IOC (Inside Outside Circle) Pada Peserta Didik SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(2), 60–70. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i2.1042.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif. Jakarta: Kencana.

Winnarty, S. W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Number Head Together dan Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Garis Singgung Lingkaran. Jurnal Pendidikan Dan Budaya, 5(9). https://doi.org/10.0503/wp.v5i9.119.

Yazid, S., & Agustang, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 SMAN 8 Makassar. Jurnal Sosialisasi, 5(1). https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.12220.

Yulanda, M. T., & Desyandri, D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai,4(3).https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.747.

Downloads

Published

2022-03-31

Issue

Section

Articles