Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Media Video Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Dribling Sepakbola
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v10i1.47370Keywords:
Model Pembelajaran, Media Video, SepakbolaAbstract
Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan media video meningkatkan motivasi dan hasil belajar dribbling sepakbola pada peserta didik. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran NHT berbantuan media video terhadap motivasi dan hasil belajar dribbling sepakbola pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Popopulasi yaitu seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sapeken, Sebanyak 100 orang, teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling, diperoleh kelas XI MIA I dengan jumlah 25 orang sebagai kelompok kontrol dan kelas XI MIA 2, 25 orang sebagai kelompok eksperimen. Analisis data menggunakan bantuan SPSS 16.0 for windows. Hasil analisis data bahwa nilai rata-rata 70,28 median sebesar 70,33 mode sebesar 88,00 dan standar deviasi ideal sebesar 15,171 hal ini menunjukkan bahwa signifikansi pada uji hipotesis diperoleh melalui Uji-t adalah 0.05 yaitu p>0,05 Disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan media video agar meningkatkan motivasi dan hasil belajar dribbling sepakbola secara signifikan
References
Bile, R. L., Tapo, Y. B. O., & Desi, A. K. (2021). Pengembangan Model Latihan Kebugaran Jasmani Berbasis Permainan Tradisional sebagai Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran PJOK. Jurnal Penjakora, 8(1), 71. https://doi.org/10.23887/penjakora.v8i1.30752.
Hasanah, N. R., Adi, I. P. P., & Suwiwa, I. G. (2021). Survey Pelaksaan Pembelajaran PJOK secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(1), 189–196. https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i1.1295
Indrayogi, I., & Rudi, R. (2020). Pengaruh Latihan Soccer Like Games Terhadap Peningkatan Keterampilan Passing dalam Permainan Sepakbola. Journal Respecs, 2(2),73https://doi.org/10.31949/jr.v2i2.2253.
Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2). https://doi.org/10.5281/zenodo.3892262.
Jumadi, F., Laksana, A. A. N. P., & Prananta, I. G. N. A. C. (2021). Efektivitas Pembelajaran PJOK pada Teknik Dasar Passing Bawah Permainan Bolavoli Melalui Media Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan Rekreasi, 7(2), 423–440.https://doi.org/10.5281/zenodo.5027642.
Kanca, I Nyoman. 2010a. Metodologi Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha
Karim, B. A. (2020). Pendidikan Perguruan Tinggi Era 4.0 Dalam Pandemi Covid-19 (Refleksi Sosiologis). Education and Learning Journal, 1(2), 102. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.54.
Mega, M., & Subhanadri, S. (2019). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi dan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD STKIP-MB. Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 342–356. https://doi.org/10.52060/mp.v4i2.169.
Rahmatullah, M. I. (2019). Pengembangan Konsep Pembelajaran Literasi Digital Berbasis Media ELearning pada Mata Pelajaran PJOK di SMA Kota Yogyakarta. Journal Of Sport Education (JOPE), 1(2), 56. https://doi.org/10.31258/jope.1.2.56-65.
Rochman, B., Indahwati, N., & Priambodo, A. (2020). Identifikasi Keterlaksanaan Pembelajaran PJOK Tingkat SMP di Masa Pandemi Covid 19 Se-Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1). https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1343.
Pradana, A. A. (2021). Strategi Pembentukan Karakter Siswa pada Jenjang Pendidikan Dasar Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Premiere : Journal of Islamic Elementary Education, 3(1), 78–93. https://doi.org/10.51675/jp.v3i1.128.
Riadin, A., & Jailani, M. (2019). Perbedaan Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi dengan Menerapkan Model Cooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) dan Tipe IOC (Inside Outside Circle) Pada Peserta Didik SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(2), 60–70. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i2.1042.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif. Jakarta: Kencana.
Winnarty, S. W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Number Head Together dan Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Garis Singgung Lingkaran. Jurnal Pendidikan Dan Budaya, 5(9). https://doi.org/10.0503/wp.v5i9.119.
Yazid, S., & Agustang, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 SMAN 8 Makassar. Jurnal Sosialisasi, 5(1). https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.12220.
Yulanda, M. T., & Desyandri, D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai,4(3).https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.747.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)