Pemetaan Sarana Prasarana Pembelajaran PJOK pada Sekolah Menengah Atas (SMA) di Lingkungan Kota Singaraja
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v10i1.49258Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemetaan sarana dan prasarana PJOK SMA di Lingkungan Kota Singaraja. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantatif, dengan metode survey. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 38 jenis dan jumlah fasilitas pembelajaran yang berbeda. Jika dijumlahkan, maka total fasilitas menjadi 452. Terdapat 58 fasilitas yang kondisinya kurang baik dengan presentase 12,8%. Kemudian, 452 fasilitas yang memiliki sendiri dengan presentase 100%, menyewa 0 fasilitas dengan presentase 0%. Selain yang bersyarat standar, terdapat sebanyak 446 fasilitas atau setara dengan persentasenya 98,7%; untuk yang mengalami modifikasi sebanyak 6 fasilitas atau jika dipersentasekan yaitu 1,3% dari jumlah fasilitas sebanyak 452 fasilitas. Setiap sekolah memiliki sarana dan jumlah yang tidak sama ialah 34, dengan 33 sarana dalam kondisi baik dengan presentase 97,1% satu sarana kondisi rusak dengan presentase 2,9%. Kemudian, dari 12 macam fasilitas yang ada sebanyak 34, yang memiliki status milik sendiri yaitu 28 melalui besaran persentasenya 82,4%, yang masih tergolong menyewa sebanyak 6 melalui besaran persentasenya 17,6%. Kemudian untuk status kualifikasi dari 34 prasarana untuk yang standart yaitu 27 dengan persentase 79,5% dan modifikasi sebanyak 7 modifikasi dengan persentase 20,5%. Ketersediaan Sarana dan Prasarana pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan di Sekolah Menengah Atas di Lingkungan Kota Singaraja ini sudah baik, namun pengelolaan, kepedulian serta perawatannya perlu ditingkatkan agar semua sarana penunjang pembelajaran dapat digunakan secara efektif, nyaman serta aman digunakan selama proses pembelajaran PJOK berlangsung. Sekolah diharapkan lebih aktif melakukan pengecekan kelengkapan dan pemeliharaan sarana dan prasarana pembelajaran jasmani olahraga dan kesehatan
References
Cahyati. 2019. Survei Sarana Dan Prasarana Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan Di Sekolah Dasar Negeri Di Kabupaten Pasuruan. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia. Hal. 111-120. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpj
Dartija, D. (2015, Februari ). Pendataan, Pemetaan Sarana Dan Prasarana Olahraga Pendidikan Di Kabupaten Aceh Selatan Dari Tahun 2002 Sampai Dengan 2012. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 3, 84-91.
Husamah, Yuni Pantiwati, Ariana Restina, Dan Puhi Sumarsono (2016) Belajar Dan Pembelajaran
Junaedi, A. (2015). Survei Tingkat Kemajuan Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Di Sma, Smk, Dan Ma Negeri Se-Kabupaten Gresik. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(3).
Kumaat. 2019. Pemetaan Ketersediaan Sarana Dan Prasarana Di Sekolah Menengah Atas Dan Madrasah Aliyah Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Volume 07 Nomor 02. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive
Made, Dr. I Tegeh, S.Pd., M. P. (2017). Metode Penelitian Pendidikan
Mahdila, R., & Saputra, E. (2015). Sistem Informasi Pemetaan Kualitas Pendidikan Di Kota Pekanbaru Berbasis Web. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 1(2), 1-5.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.
Prof. Dr. H. JS. Hustarda, M.Pd Dan Dr. Yudha M. Saputra, M.Ed, (2014). Belajar Dan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Bandung Oktober 2014
Prof. Dr. Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.
Purbatin, Y. (2017). Survei Tingkat Kemajuan Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan (Studi Pada SD, SMP, Dan SMA Negeri Se-Kecamatan Prambon Nganjuk). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 5(3).
Putra Kumaat, Y. U. D. H. I. (2019). Pemetaan Ketersediaan Sarana Dan Prasarana Di Sekolah Menengah Atas Dan Madrasah Aliyah Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 7(2).
Saputra. 2019. Survei Ketersediaan Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Di Sekolah Smp Se-Kecamatan Kebomas Kab. Gresik. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Hal 266-270. http://ejournal.unesa.acid/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive
St Amirah, S. A. (2019). Survei Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Sma Negeri 1 Takalar (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)