IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN PASSING BOLA BASKET

Authors

  • Nyoman Adelia perlina dewi

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v1i2.504

Abstract

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN PASSING BOLA BASKET

NYOMAN ADELIA PERLINA DEWI

PENJASKESREK FOK UniversitasPendidikanGanesha, Kampus Tengah UndikshaSingaraja, JalanUdayanaSingaraja – Bali Tlp. (0362) 32559

e-mail: adebuthc@yahoo.com

Abstrak :Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas  VIII  SMP  Mutiara Singaraja berjumlah 26 orang terdiri dari 14 orang siswa putra dan 12 orang siswa putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif.

Hasil analisis data pada siklus I aktivitas belajar passing bola basket secara klasikal sebesar 8,0 (aktif), pada siklus II sebesar 8,3 (aktif) dan pada siklus III sebesar 8,97 (sangat aktif). Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 0,3 dan dari siklus II ke siklus III mengalami peningkatan sebesar 067. Sedangkan persentase hasil belajar passing bola basket secara klasikal pada siklus I sebesar 76,92% (baik), pada siklus II sebesar 84,61% (baik) dan pada siklus III sebesar 100% (sangat baik). Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 7,69%, dan dari siklus II ke siklus III mengalami peningkatan sebesar 15,38%.

Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola basket meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Disarankan kepada guru penjasorkes untuk mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing bola basket pada siswa.

 

Kata-kata kunci:    Jenis penelitian, aktivitas, hasil belajar, Passing bola  basket, simpulandan saran

Downloads

Issue

Section

Articles