MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI

Authors

  • I Gede Indra Dwi Suputra

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v1i2.506

Abstract

MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF  STAD MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI”

I Gede Indra Dwi Suputra

NIM. 0816011111

PENJASKESREK, FOK, Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Tengah

Undiksha Singaraja, Jalan Udayana Singaraja- Bali Tlp (0362) 32559

e-mail: gedeindra60@yahoo.com

 

ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing bola voli melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Penebel tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Penebel yang berjumlah 27 siswa, 6 siswa putra dan 21 siswa putri. Hasil analisis data pada siklus I aktivitas belajar passing bola voli sebesar 6,6 (cukup aktif), dan pada siklus II sebesar 7,3 (aktif). Dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 0,7. Persentase hasil belajar passing bola voli pada siklus I sebesar 66,7% (cukup baik), dan pada siklus II sebesar 88,9% (baik). Dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 22,2%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar passing bola voli meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Penebel tahun pelajaran 2012/2013.

Kata-kata kunci: Model STAD, aktivitas dan hasil belajar, bola voli

Downloads

Published

2013-05-27

Issue

Section

Articles