MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING SEPAKBOLA

Authors

  • I Made Sudiartha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v1i2.507

Abstract

MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD

UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR

PASSING SEPAKBOLA

I Made Sudiartha

NIM. 0816011107

PENJASKESREK FOK Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Tengah Undiksha Singaraja, Jalan Udayana Singaraja-Bali Tlpn. (0362) 32559

E-mail: manisajustgtuu@yahoo.com

 

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik passing sepakbola pada siswa kelas X. E SMA Negeri 1 Rendang tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu guru sebagai peneliti. Pelaksanaan penelitian dalam 2 siklus. Terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan, tindakan, evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas X. E SMA Negeri 1 Rendang, jumlahnya 26 orang, 16 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa Perempuan. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data pada siklus 1 yaitu rata-rata aktivitas belajar 6,2, dan persentase ketuntasan hasil belajar teknik passing secara klasikal 61,5%. Sedangkan hasil analisis data siklus 2 yaitu rata-rata aktivitas belajar 8,2, dan persentase ketuntasan hasil belajar teknik passing secara klasikal 88,5%. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik passing sepakbola meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas X. E SMA Negeri 1 Rendang tahun pelajaran 2012/2013. Oleh karena itu peneliti menyarankan guru penjasorkes untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik passing sepakbola.

Kata-kata kunci: Model Pembelajaran STAD, aktivitas dan hasil passing sepakbola.

Downloads

Published

2013-05-27

Issue

Section

Articles