A Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Perilaku Agresif Verbal pada Atlet Perguruan Silat X di Kabupaten Gowa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v10i3.52176Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kontrol diri terhadap perilaku agresif verbal pada atlet silat di perguruan pencak silat X Kabupaten Gowa. Partisipan penelitian ini adalah atlet silat berusia 14-21 tahun dan aktif mengikuti latihan silat minimal 6 bulan sebanyak 102 di perguruan pencak silat X Kabupaten Gowa. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kontrol diri dan perilaku agresif verbal. Analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana dengan bantuan JASP 0.14.1.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kontrol diri terhadap perilaku agresif verbal pada atlet silat dengan r= 0,599, R2= 0,358, dan p= <.001. Hasil penelitian ini merekomendasikan bagi atlet silat dan pelatih agar terus menyadari dan meningkatkan kontrol diri agar menekan perilaku-perilaku negatif seperti agresif verbal.
References
Anderson, C. A & Warburton, W. A. (2015). Agression, social psychology of. Elseiver,
: 295-299.
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Aroma, I, S & Suminar, D. R. (2013). Hubungan antara tingkat kontrol diri dengan kecenderungan perilaku kenakalan remaja. Jurnal psikologi pendidikan dan perkembangan. 1(2): 1-6.
Badriyah, L. (2018). Sikap mengontrol diri dalam menurunkan kecenderungan berperilaku agresif pada remaja. Syia’ar. 18(1): 13-22.
Batrinos, M. L. (2012). Testosterone and aggressive behaviour in man. International Journal of Endocinology Metabolism. 10(3): 563-568. doi:10.5812.
Baumeister, R. F & Alquits, J. L. (2009). Is there a downside to good self- control?. Self and
Identity, 8:115-130.
Cahyo, E. D., Ikashaum, F & Pratama, Y. P. (2020). Kekerasan verbal (verbal abuse) dan pendidikan karakter. Jurnal Elementaria Edukasi, 3(2): 247-255.
Chaq, M. C., Suharman & Rini, A. P. (2018). Religiusitas, kontrol diri, dan agresifvitas verbal remaja. Jurnal Psikologi, 27(2): 20-30.
Haslinda, Jahada & Silondae, D. P. (2020). Faktor-faktor penyebab agresif verbal siswa.
Jurnal Bening, 4(1): 53-60.
Hay, C & Forrest, W. (2008). Self-control theory and the concept of opportunity: The case for a more systematic union. Criminology, 46(4): 53-60
Hurlock, E. B. (2003). Psikologi perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Infante, D. A., Riddle, B. L., Horvarth, C. L., & Tumlin, S. A. (2015). Verbal aggressiveness: Messages and reasons. Routledge. 40(2), 116-126.
Jahja, Y. (2015). Psikologi perkembangan. Rawamangun: Kencana. ISBN 9786028730440. Keatley, D. A., Allom, V & Mullan, B. (2017). The effects of implicit and explicit self-
control on self-reported aggression. Personality and Individual Differences, 107:154-158. Krahe, B. (2001). The social psychology of aggression. USA: Psychology Press.
Muzzaky, I. (2014). Kebanggaan kolektif anggota perguruan silat (kera sakti, setiahati terate, pagar nusa). Skripsi. Malang.Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Partidina, P. A. O & Marheni, A. (2019). Peran kontrol diri sebagai mediator hubungan
komunikasi efektif orang tua remaja dengan agresivitas remaja. Psikologika, 27(1): 73-88. Purwasih, R., Dharmayana, I. W., & Sulian, I. (2018). Hubungan kompetensi kontrol diri
terhadap agresif siswa SMK bengkulu utara.
Reber, A. S & Reber, E. S. (2010). Kamus psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Rosalinda, R & Satwika, Y, W. (2019). Hubungan antara kontrol diri dengan perilaku agresif verbal pada siswa kelas SMK “X” Gresik. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 6(2):
-8.
Sofia, R. M & Cruz, Jose. F. A. (0215). Self control as a mechanism for controlling aggression: a study in the context of sports competition. Personality and Individual Differences, 87:302-306.
Susantyo, B. (2011). Memahami perilaku agresif: sebuah tinjauan konseptual. Informasi,
(3): 189-220.
Tangney, J. P., Baumeister, R. F & Boone, A. L. (2004). High self-control predict good adjustment, less pathology, better grades, and interpersonal succes. Journal Personality,
:271-324.
Yulia, Y. (2015). Analisa pengaruh leadership style terhadap firm performance melalui learning organization dan employee satisfaction pada perusahaan sektor manufaktur di surabaya. Business Accounting Review, (3)2: 171-180.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 asnidar asnidar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)