Pengembangan Video Permainan Tematik Untuk Peserta Didik Kelas 1 SD di Kecamatan Buleleng (Tema Diriku Subtema Aku Istimewa)
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v10i2.52416Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran baru berupa video permainan tematik untuk peserta didik kelas 1 SD di Kecamatan Buleleng. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan metode pengembangan ADDIE. Subjek penelitian pengembangan ini merupakan guru dan murid Sekolah Dasar yang terbagi di 9 gugus di Kecamatan Buleleng. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah Teknik pengambilan data secara wawancara, dan instrument pengambilan data menggunakan kuisioner. Adapun tahap – tahap yang terdapat dalam penelitian ini diantaranya adalah tahap analisis (analyze), desain (design), dan tahap pengembangan (development). Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah berupa produk media pembelajaran berupa video permainan tematik yang sudah diuji dalam uji validitas ahli dengan mendapat nilai rata – rata 90,5 % dengan predikat sangat baik berdasarkan Konvensi tingkat pencapaian dengan skala 5 . Dengan hasil penilaian di atas dapat disimpulkan bahwa hasil dari Pengembangan Video Permainan Tematik Untuk Peserta Didik Kelas 1 SD di Kecamatan Buleleng (Tema Diriku Subtema Aku Istimewa) dikatakan sangat layak sebagai media pembelajaran.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)