IMPLEMENTASI KOOPERATIF GI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI

Authors

  • G.DWI MAS ARIAWAN

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v1i2.571

Abstract

IMPLEMENTASI KOOPERATIF GI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI

G. Dwi Mas Ariawan

NIM. 0816011117

PENJASKESREK FOK Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Tengah Undiksha Singaraja, Jalan Udayana Singaraja-Bali Tlp. (0362) 32559

e-mail: Dwi_Ariawan27@yahoo.com

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing (atas dan bawah) bola voli pada siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Gerokgak tahun pelajaran 2012/2013.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, evaluasi, dan  refleksi. Subjek penelitian siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Gerokgak, yang berjumlah 32 orang, terdiri dari 20 siswa putra dan 12 siswa  putri. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data pada siklus I aktivitas belajar passing (atas dan bawah) bola voli secara klasikal sebesar 6,2 dan siklus II secara klasikal sebesar 7,8. Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 1,6. Persentase ketuntasan hasil belajar passing (atas dan bawah) bola voli pada siklus I secara klasikal sebesar 65,5% dan siklus II secara klasikal sebesar 87,5%. Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 21,9%.Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar passing (atas dan bawah) bola voli meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe GI pada siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Gerokgak tahun pelajaran 2012/2013.

Kata-kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe GI, aktivitas, hasil belajar, passing (atas dan bawah) bola voli.

Downloads

Published

2013-06-10

Issue

Section

Articles