IMPLEMENTASI MODEL KOOPERATIF GI UNTUK MENINGKATAKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLABASKET
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v1i2.573Abstract
IMPLEMENTASI MODEL KOOPERATIF GI UNTUK MENINGKATAKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLABASKET
I Putu Yudi Hendrawan
PENJASKESREK FOK Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Tengah Undiksha
Singaraja, Jalan Udayana Singaraja- Bali Tlp. (0362) 32559
e-mail: yudi_r89i@yahoo.com
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar chest pass dan bounce pass bolabasket melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe GI pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 5 Denpasar tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas, yaitu guru sebagai peneliti. Pelaksanaan penelitian menggunakan 2 siklus yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi/observasi, refleksi. Subyek penelitian berjumlah 43 siswa terdiri dari 19 siswa putra dan 24 siswa putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif.
Hasil data secara klasikal pada siklus I, tingkat aktivitas 6.35 (cukup aktif) dan hasil belajar teknik dasar passing chest pass dan bounce pass 74.41% (cukup baik). Siklus II secara klasikal tingkat aktivitas 7.69 (aktif) dan hasil belajar teknik dasar passing chest pass dan bounce pass 100% (sangat baik). Berdasarkan data tersebut dapat dinyatakan peningkatan aktivitas belajar sebesar 1,34 dan hasil belajar 25,59% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil data dan pembahasan dapat disimpulkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing chest pass dan bounce pass bolabasket meningkat melalui Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe GI pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 5 Denpasar tahun pelajaran 2012/2013. Disarankan pada guru penjasorkes mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe GI karena sudah terbukti mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.
Kata-kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif, aktivitas, hasil belajar, teknik dasar passing bolabasket.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)