IMPLEMENTASI MODEL KOOPERATIF GI UNTUK MENINGKATAKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLABASKET

I PUTU YUDI HENDRAWAN

Abstract


IMPLEMENTASI  MODEL  KOOPERATIF GI UNTUK MENINGKATAKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLABASKET

I Putu Yudi Hendrawan

PENJASKESREK FOK Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Tengah Undiksha

Singaraja, Jalan Udayana Singaraja- Bali Tlp. (0362) 32559

e-mail: yudi_r89i@yahoo.com

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar chest pass dan bounce pass bolabasket melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe GI pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 5 Denpasar tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas, yaitu guru sebagai peneliti. Pelaksanaan penelitian menggunakan 2 siklus yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi/observasi, refleksi. Subyek penelitian berjumlah 43 siswa terdiri dari 19 siswa putra dan 24 siswa putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif.

Hasil data secara klasikal pada siklus I, tingkat aktivitas 6.35 (cukup aktif) dan hasil belajar teknik dasar passing chest pass dan bounce pass 74.41% (cukup baik). Siklus II secara klasikal tingkat aktivitas 7.69 (aktif) dan hasil belajar teknik dasar passing chest pass dan bounce pass 100% (sangat baik). Berdasarkan data tersebut dapat dinyatakan  peningkatan aktivitas belajar sebesar 1,34 dan hasil belajar 25,59% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil data dan pembahasan dapat disimpulkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing chest pass dan bounce pass bolabasket meningkat melalui Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe GI pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 5 Denpasar tahun pelajaran 2012/2013. Disarankan pada guru penjasorkes mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe GI karena sudah terbukti mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.

 

Kata-kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif, aktivitas, hasil belajar, teknik dasar passing bolabasket.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Jurnal Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan Undiksha indexed by:

 Crossref




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.