IMPLEMENTASI MODEL KOOPERATIF NHT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SERVICE BULUTANGKIS

Authors

  • I MADE AGUS PURNAMA DIANTARA

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v1i2.588

Abstract

IMPLEMENTASI MODEL KOOPERATIF NHT UNTUK MENINGKATKAN

AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SERVICE BULUTANGKIS

I Made Agus Purnama Diantara

NIM. 0816011207

PENJASKESREK FOK Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Tengah

Undiksha Singaraja, Jalan Udayana Singaraja – Bali Tlp. (0362) 32559

e-mail: aguspurnama002@gmail.com

 

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar service bulutangkis melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Abiansemal tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Abiansemal, berjumlah 36 orang dengan rincian 16 orang putra dan 20 orang putri. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data pada siklus I aktivitas belajar teknik dasar service bulutangkis secara klasikal sebesar 6.93 (cukup aktif), dan pada siklus II sebesar 8.28 (aktif). Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 1.53. Persentase hasil belajar teknik service bulutangkis secara klasikal pada siklus I sebesar 72.22% (cukup baik), dan pada siklus II sebesar 91.66% (sangat baik). Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 19.44%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar service bulutangkis meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Abiansemal tahun pelajaran 2012/2013.

-kata kunci: Model NHT, aktivitas dan hasil belajar, service bulutangkis

Downloads

Published

2013-06-19

Issue

Section

Articles