Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Tiktok Pada Pembelajaran PJOK Materi Narkoba pada Peserta Didik Kelas X MAN Karangasem

Authors

  • Alviandi Ahdi M. Fai Undiksha
  • wahjoedi wahjoedi Undiksha
  • Peby Gunarto Undiksha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v10i3.58886

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan teknologi secara tidak langsung berpengaruh terhadap media pembelajaran untuk menunjang proses pembelajaran. Materi narkoba cukup padat, kompleks, dan abstrak membuat penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran harus dibuat semanarik mungkin agar dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar peserta didik terhadap materi narkoba. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran berbasis TikTok materi narkoba kelas X . Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan model penelitian ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai persentase ahli materi pembelajaran 96%, ahli desain pembelajaran 84%, ahli media pembelajaran 97,5%, uji coba praktisi lapangan 97%, uji coba perorangan oleh 3 peserta didik 89,3%, uji coba kelompok kecil oleh 9 peserta didik 85% dengan kualifikasi sangat baik, dan uji coba lapangan oleh 28 peserta didik dengan nilai 86,1% berkualifikasi baik. Dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran berbasis TikTok ini layak digunakan sebagai media pembelajaran narkoba pada peserta didik kelas X SMA

Downloads

Published

2023-02-20