PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN AKTIVITAS RITMIK UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VI SD NEGERI 1 TULAMBEN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • I Putu Wahyudi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Darmayasa, Spd., M.For.
  • Peby Gunarto, S.Pd., M.Pd.
  • Ni Luh Putu Spyanawati, S.Pd., M.Pd.
  • Ni Putu Dwi Sucita Dartini, S.Pd., M.Pd.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video pada materi aktivitas ritmik untuk peserta didik kelas VI SD Negeri 1 Tulamben. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analisis (Analyze), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Produk pengembangan divalidasi oleh ahli isi atau aahli materi pembelajaran, ahli desain dan media pembelajaran, dan ahli praktisi lapangan. Subjek uji coba produk dari penelitian ini adalah uji coba perorangan oleh 3 orang peserta didik, uji coba kelompok kecil oleh 6 orsang peserta didik, dan uji coba lapangan dilakukan pada satu kelas dengan jumlah peserta didik 28 orang. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan intrumen penilaian dan Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil validasi produk, didapatkan hasil uji ahli isi/materi pembelajaran sebesar 96,92% berkualifikasi sangat baik, hasil uji ahli desain dan media pembelajaran sebesar 98,95% berkualifikasi sangat baik, hasil uji ahli praktisi lapangan sebesar 97,14% berkualifikasi sangat baik. Untuk hasil uji coba produk didapatkan hasil dari uji coba perorangan sebesar 98,33% berkualifikasi sangat baik, uji coba kelompok kecil sebesar 98,67% berkualifikasi sangat baik, dan uji coba lapangan sebesar 97,96% berkulifikasi sangat baik. Oleh karena itu, media pembelajaran berbasis video tutorial pada materi aktivitas ritmik sangat layak digunakan untuk peserta didik kelas VI sebagai sumber dan media belajar sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

References

Adisel, A., & Prananosa, A. G. (2020). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Sistem Manajemen Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid 19. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31539/alignment.v3i1.1291

Bangun, S. Y. (2016). Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Kajian Pustaka & Pembahasan. Jurnal Publikasi Pendidikan | Volume VI No 3 Oktober 2016 |157, VI(1), 156–167.

Budi, D. R. (2021). Modifikasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia, 1–9.

Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel Ipa Di Min Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 116–137. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584

Darsana, I. M. A., Satyawan, I. M., Spyanawati, N. L. P., Astra, I. K. B., & Parta Lesmana, K. Y. (2021). Video Tutorial Model Permainan dalam PJOK untuk Mendukung Pembelajaran Tematik Tema 3 Kegiatanku. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(3), 182. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i3.39717

Depdiknas. (2006). Standar Isi. Direktorat Jenderal Olahraga dan Lemlit UNESA.

Farista, R., & M, I. A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 53(9), 1689–1699.

Firmansyah. (2016). Penerapan teori pembelajaran kognitif dalam pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan. Jurnal Pendidikan, 5(2), 154–164.

Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media. Prosiding TEP & PDs, Tema: 1 No, 96–102.

Hardianti, H., & Asri, W. K. (2017). Keefektifan Penggunaan Media Video Dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas Xii Ipa Sma Negeri 11 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 1(2), 123–130. https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i2.4408

Juanda, Y. M., & Hendriyani, Y. (2022). Terbit online pada laman web jurnal: http://javit.ppj.unp.ac.id JAVIT (JURNAL VOKASI INFORMATIKA) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL PADA MATA KULIAH PEMROGRAMAN VISUAL DENGAN METODE ADDIE. 2(1), 121–130. http://javit.ppj.unp.ac.id

Mahmudah, A., & Pustikaningsih, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire Pada Materi Jurnal Penyesuaian Untuk Siswa Kelas X Akuntansi Dan Keuangan Lembaga Smk Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17(1), 97–111. https://doi.org/10.21831/jpai.v17i1.26515

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Murod, M., Utomo, S., & Utaminingsih, S. (2021). Efektivitas Bahan Ajar E-Modul Interaktif Berbasis Android Untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Lingkaran Kelas VI SD. Fenomena, 20(2), 219–232. https://doi.org/10.35719/fenomena.v20i2.61

Prabawa, I. K. R., Satyawan, I. M., & Spyanawati, N. L. P. (2021). Pengembangan video permainan PJOK berbasis tematik (tema kegemaranku) untuk siswa kelas 1 sekolah dasar. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 1(1), 11–26. https://doi.org/10.54284/jopi.v1i1.3

Prasetyo, A. T., Sukendro, S., & Haryanto, H. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Atletik Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Sekolah Menengah Pertama Berbasis Android. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial (JMPIS), 2(1), 1–9.

Rohani. (2019). Diktat Media Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 1–95. http://repository.uinsu.ac.id/8503/1/Diktat Media Pembelajaran RH 2019.pdf

Sahabuddin, S., Hakim, H., & Syahruddin, S. (2020). Kontribusi motor educability terhadap kemampuan senam ritmik alat simpai pada siswa sekolah dasar. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(2), 449–465. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v6i2.14564

Sari, R. M., Valentin, R. G., & Samosir, A. (2017). Upaya Meningkatkan Konsentrasi Melalui Latihan Relaksasi Atlet Senam Ritmik Sumut. Sains Olahraga : Jurnal Ilmiah Ilmu Keolahragaan, 1(1), 52–63. https://doi.org/10.24114/so.v1i1.6132

Simanjorang, E. K., Wahjoedi, W., & Spyanawati, N. L. P. (2021). Pengembangan Video Tutorial Materi Passing Sepakbola Mata Pelajaran PJOK untuk Kelas X SMA/SMK. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 8(3), 99–107. https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33762

Sinulingga, L. (2020). Jurnal Pendidikan Pengajaran. 1(3), 217–238. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JPPG/article/view/5430/4683

Supriady, A. (2020). Tingkat Percaya Diri Atlet Senam Ritmik. Jurnal Kependidikan Jasmani Dan Olahraga, 4(1), 38–46.

Susanto2, S. N. R. (2018). ISBN : ( Dalam Proses ) Prosiding SNIPMD 2018 Peningkatan Hasil BEelajar Senam RIitmik ( Senam rama ) Dengan Demonstrasi SISWA Kelas 1A SDN Curug Kulon I. June 2018, 112–116.

Tapo, Y. B. O. (2019). Pengembangan Model Latihan Sirkuit Pasing Bawah T-Desain (Spbt-Desain) Bola Voli Sebagai Bentuk Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pjok Untuk Tingkat Sekolah Menengah. IMEDTECH (Instructional Media, Design and Technology), 3(2), 18. https://doi.org/10.38048/imedtech.v3i2.209

Tegeh, I Made, Jampel, I Nyoman dan Pudjawan, K. (2014). MODEL PENELITIAN PENGEMBANGAN (ke 1). GRAHA ILMU.

Widodo, D. C. (2019). Filosofi Penjas. ModulPegebangan Keprofesian, 1–222.

Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735

Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816

Yudianto, A. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan 2017, 234–237.

Yussron Ilyas, & Kristiyandaru, A. (2019). Hubungan Pemakaian Gawai Dengan Aktivitas Olahraga ( Studi Pada Siswa Sma Negeri 1 Kota Mojokerto ). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 7(3), 175–279.

Downloads

Published

2023-08-31