PERMAINAN EGRANG TERHADAP KEMAMPUAN KESEIMBANGAN STATIS SISWA SEKOLAH DASAR
Keywords:
Variasi Pembelajaran; Penelitian Tindakan Kelas; Keseimbangan StatisAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui metode pembelajaran yang tepat guna untuk meningkatkan keseimbangan statis siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri (1) tahapan persiapan (2) tahapan pelaksanaan awal (Pretest) dan (3) pelaksanaan akhir (Posttest). Penelitian ini terdiri dari 38 sampel terdiri 22 laki-laki dan 16 perempuan. Pada penelitian ini menggunakan norma tes keseimbangan statis, rumus presentase dan tabel kuantitatif. Hasil penelitian pada pretest dan posttest siklus satu dan dua dalam tes berdiri satu kaki pada kategori kemampuan keseimbangan sangat kurang 63,16%, 23,68% dan 13,18% pada katagori kurang 18,42%, 15,79% dan 21,05% pada kategori baik 13,16%, 42,10% dan 31,58% pada kategori baik sekali 5,26%, 18,42% dan 21,05%. Sedangkan pada tes sikap pesawat terbang dalam kategori sangat kurang 76,32%, 47,37% dan 21,05% pada ketegori kurang 7,89%, 5,26% dan 18,42% pada kategori baik 15,79%, 34,21% dan 44,74% pada kategori baik sekali0%, 13,16% dan 15,79%. Hasil analisis penelitian berdasarkan data menunjukkan bahwa permainan tradisional egrang dapat digunakan oleh para pendidik dalam memilih metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan keterampilan keseimbangan statis siswa-siswi khususnya pada jenjang Sekolah Dasar.
References
Adi, I. N. A. N., Pramita, I., & Vitalistyawati, L. P. A. (2022). Pengaruh Permainan Tradisional Engklek terhadap Keseimbangan Statis dan Keseimbangan Dinamis pada Anak-Anak Usia 6-12 Tahun di Lingkungan Padang Keling Kelurahan Banyuning Buleleng Bali. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 8(1), 56–63.
Agus, R. M., & Fahrizqi, E. B. (2020). Analisis tingkat kepercayaan diri saat bertanding atlet pencak silat perguruan satria sejati. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(2), 164–174.
Agustina, D., Suyatna, A., & Suyanto, E. (2017). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Gambar Bergerak Dengan Gambar Diam. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(3).
Ashari, M. A. (2019). Perbandingan Pengaruh Permainan Olahraga Tradisional Hadang, Terompah Panjang, Egrang terhadap Peningkatan Daya Tahan, Kecepatan, dan Keseimbangan pada Siswa Ekstrakurikuler SD Impres 1 Tenga Kabupaten Bima NTB. Jurnal Penjaskesrek, 6(2), 231–239.
Chaabene, H., Prieske, O., Herz, M., Moran, J., Höhne, J., Kliegl, R., Ramirez-Campillo, R., Behm, D. G., Hortobágyi, T., & Granacher, U. (2021). Home-based exercise programmes improve physical fitness of healthy older adults: A PRISMA-compliant systematic review and meta-analysis with relevance for COVID-19. Ageing Research Reviews, 67, 101265.
Fachrezzy, F., Maslikah, U., Safadilla, E., Reginald, R., & Hendarto, S. (2021). Physical Fitness Of The Poomsae Taekwondo Athletes In Terms Of Agility, Balance And Endurance. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 5(1), 111–119.
Hazmi, N. (2019). Tugas Guru dalam Proses Pembelajaran. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 2(1), 56–65.
Kusnandar, K., Purnamasari, D. U., Nurcahyo, P. J., & Darjito, E. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Banyumas Gol-Golan Terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Banyumas. Physical Activity Journal (PAJU), 1(1), 18–26.
Melyza, A., & Aguss, R. M. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Proses Penerapan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Pandemi Covid-19. Journal Of Physical Education, 2(1), 8–16.
Mudzakir, D. O. (2020). Pengaruh Permainan Olahraga Tradisional Terhadap Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Penjas Di Sekolah Dasar. Dicky Oktora Mudzakir, 10(1), 44–49.
Mujtahidin, S., & Rachman, S. A. (2022). Pengaruh Permainan Tradisional Egrang Batok Terhadap Keseimbangan Anak Kelompok A Di RA Hidayatul Ihsan NW Tebaban. Tut Wuri Handayani: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 130–135.
Pratama, N. Z. (2022). HUBUNGAN KESEIMBANGAN TUBUH DENGAN KEMAMPUAN SERVIS BAWAH SEPAK TAKRAW SISWA SMP NEGERI 2 TANAH MERAH. JURNAL OLAHRAGA INDRAGIRI, 9(01), 20–32.
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan penelitian tindakan kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60.
Rikardo, E. (2021). Kontribusi Kekuatan Otot Tungkai Dan Keseimbangan Terhadap Ketepatan Hasil Shooting Sepakbola Atlet Ssb Patriot Muda Under 17 [PhD Thesis]. Universitas Islam Riau.
Saputra, A. (2019). Permainan Edukatif Untuk Anak Usia Dini. PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 1(1), 102–113.
Saputra, S. A. (2020). Menjaga imunitas dan kesehatan tubuh melalui olahraga yang efektif. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 33–42.
Sudirjo, E., Susilawati, D., Lengkana, A. S., & Alif, M. N. (2019). Pendampingan dan pelatihan keseimbangan tubuh pada guru pjok sekolah dasar. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 18(2).
Tauhidman, H., & Ramadan, G. (2018). Pengembangan Model Latihan Keseimbangan untuk Sekolah Dasar. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 4(1), 133–144.
Vetter, T. R. (2017). Fundamentals of research data and variables: The devil is in the details. Anesthesia & Analgesia, 125(4), 1375–1380.
Winarono, M. E. (2014). Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rizky Adhitya Nugroho
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)