Upaya Meningkatkan Akurasi Tembakan Dua Angka Menggunakan Metode Drill Pada Peserta Ekstrakulikuler Bola Basket Putri SMP Negeri 2 Turen
Upaya Meningkatkan Akurasi Tembakan Dua Angka Menggunakan Metode Drill Pada Peserta Ekstrakulikuler Bola Basket Putri SMP Negeri 2 Turen
Keywords:
Tembakan Dua Angka; Bola Basket; Metode DrillAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan akurasi tembakan dua angka peserta ekstrakurikuler bola basket putri SMP Negeri 2 Turen menggunakan metode drill. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan olahraga dengan metode deskriptif campuran (kualitatif dan kuantitatif). Penelitian ini menggunakan 2 siklus dengan 9 kali pertemuan setiap siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler bola basket putri SMP Negeri 2 Turen yang berjumlah 12 orang. Pengumpulan data menggunakan tes tembakan dua angka dengan jarak 3.5m dari ring sebanyak 10 tembakan bola. Batas minimal rata-rata keberhasilan tembakan sebesar 61%. Hasil siklus 1 menunjukkan bahwa rata-rata keberhasilan tembakan sebesar 41,66% dan rata-rata keberhasilan tembakan pada siklus 2 mengalami peningkatan dengan total sebesar 67,5%. Dapat disimpulkan bahwa pemberian latihan menggunakan metode drill dapat meningkatkan akurasi tembakan dua angka peserta ekstrakurikuler bola basket putri SMP Negeri 2 Turen.
References
Alfiansyah, Irfan Zidny, and Oni Bagus Januarto. 2018. “Upaya Meningkatkan Keterampilan Dan Akurasi Shooting Bolabasket Menggunakan Metode Drill Pada Peserta Ekstrakurikuler Bolabasket Putra SMP.” 2(1):52–61.
Anam, Khoiril. 2013. “Pengembangan Latihan Ketepatan Tendangan Dalam Sepak Bola Untuk Anak Kelompok Umur 13-14 Tahun.” Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia 3(2):79.
Arfiudin, Mohammad Bachtiar, and Dita Yuliastrid. 2021. “Tingkat Antusiasme Siswa Tuna Rungu Dan Tuna Wicara Terhadap Pengembangan Permainan Baru Olahraga Adaptif SDLB Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo.” Jurnal Kesehatan Olahraga 09.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2016. Manajemen Penelitian. 13th ed. Jakarta: Rineka Cipta.
Budiwanto, Setyo. 2012. Metodologi Latihan Olahraga. Malang: UM Press.
Damanik, Saipul Ambri. 2014. “Pramuka Ekstrakurikuler Wajib Di Sekolah.” Jurnal Ilmu Keolahragaan 13(2):16–20.
Darisman, Eka Kurnia, Rahayu Prasetiyo, and Wahyu Indra Bayu. 2021. Belajar Psikologi Olahraga: Sebuah Teori Dan Aplikasi Dalam Olahraga. Jagat Media Publishing.
Fattahudin, Mohammad Amir, Oni Bagus Januarto, and Gema Fitriady. 2020. “Upaya Meningkatkan Keterampilan Pukulan Forehand Smash Bulutangkis Dengan Menggunakan Model Variasi Latihan Untuk Atlet Usia 12-16 Tahun.” Sport Science and Health 2(3).
Hanggowiyono, Puger. 2015. Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta Didik. Malang: Gunung Samudra.
Johandi Yusuf, Muhammad Muhyi, and Yoso Wiyarno. 2020. “Pengembangan Pemanasan Dinamis Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Tingkat Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga) 5(1):79–85. doi: 10.36526/kejaora.v5i1.762.
Kompri. 2015. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Siswa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Kurniawan, Fakhri Fajrin. 2019. “Perbandingan Efektivitas Medium Shoot Dengan Loncatan Dan Tanpa Loncatan Terhadap Akurasi Hasil Shooting.” Jurnal Ilmiah Ilmu Keolahragaan 3(2):99–107.
Lacy, Alan C., and Skip M. Williams. 2018. Measurement and Evaluation in Physical Education and Exercise Science. Routledge.
Lazim, Otang Kurniaman1 dan, The Comparative Morphology, Leokadia Wylęgała, The Comparative Morphology, Hartati. 2011. Faktor –. faktor yang berhubungan dengan kejadian ISPA pada anak Balita di wilayah Puskesmas Botumoito Kabupaten Boalemo Tahun 2011. Tesis Program Pascasarjana Unhas. Ibrahim, 0, and The Comparative Morphology. 2018. “MANAJEMEN PEMBINAAN PRESTASI CABANG OLAHRAGA TENIS MEJA DI KLUB ORMETA.” Materia Japan 5(1):1–12.
Mahfud, Imam, Aditya Gumantan, and Reza Adhi Nugroho. 2020. “Pelatihan Pembinaan Kebugaran Jasmani Peserta Ekstrakurikuler Olahraga.” Jurnal PkM Ilmu Kependidikan 3(1):56–61.
Majid, W. 2018. “Meningkatkan Kemampuan Teknik Dasar Bola Basket Menggunakan Metode Drill.” 2(8):111–16.
Maksum, Ali. 2012. Metodologi Penelitian Dalam Olahraga. UNESA University Press.
Maksum, Ali. 2016. “Paradoks Guru Pendidikan Jasmani.” Journal of Physical Education and Sport 1(1):1–13.
Muhajir. 2014. Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan. PT. Gelora Aksara Pratama.
Mylsdayu, Apta, and Febi Kurniawan. 2015. Ilmu Kepelatihan Dasar. Bandung: Alfabeta.
Novianti, Dwi, Marsiyem, and Destriana. 2017. “Latihan Lari Zig-Zag Terhadap Kecepatan Dribbling Dalam Permainan Bola Basket.” Altius 6(2).
Putri, Novia Indriani, and Ali Umar. 2020. “Kemampuan Teknik Dasar Bola Basket Atlet Putra Klub Genta Kota Pariaman.” Jurnal JPDO 3(4):15–21.
Rosdiani, Dini. 2014. Perencanaan Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.
Sagala, Syaiful. 2014. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sartini, Wa Ode Sitti, Muhammad Rusli, and Abdul Saman. 2019. “Meningkatkan Hasil Belajar Shooting Permainan Bola Basket Melalui Penerapan Metode Drill.” Jurnal Pendidikan Jasmani 1.
Sudijono, Anas. 2018. Pengantar Statistka Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Widiasto, Yohanes Angga, and Lismadiana. 2019. “The Effect Of Multi-Directional Drill Training and Core Stability On Enhancement of Agility and Leg Power at Badminton Athletes.” E-Journal 8.
Winarno, M. .. 2013. Metodologi Penelitian Dalam Pendidikan Jasmani. Malang: Universitas Negeri Malang (UM Press).
Wiratama, Sukmara Aldo, and Trihadi Karyono. 2017. “Efek Metode Latihan Drill Terhadap Ketepatan Smash Atlet Bulutangkis Berusia Muda Di Yogyakarta.” Jurnal Olahraga Prestasi 13(1).
Yuhana, Asep Nanang, and Fadlilah Aisah Aminy. 2019. “Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konselor Dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7(1):79. doi: 10.36667/jppi.v7i1.357.
Zorba, Ercan. 2018. “Fair Play Behavior in Futsal: Study in High School Students.” Universal Journal of Educational Research 6(7):1449–53.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Marika Fadila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)