MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH

Authors

  • Putu Arthajaya .
  • Drs.I Putu Panca Adi, M.Pd. .
  • dr. Adnyana Putra, S.Ked. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v4i1.6906

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar lompat jauh melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada siswa kelas X5 SMA Karya Wisata Singaraja. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yaitu guru sebagai peneliti. Dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X5 SMA Karya Wisata Singaraja berjumlah 42 orang, terdiri dari 19 orang putra dan 23 orang putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan ketuntasan analisis data untuk aktivitas belajar lompat jauh pada observasi awal 5,76% (cukup aktif), dan pada siklus I meningkat menjadi 6,77 (cukup aktif) dan 8,00% (aktif) pada siklus II. Sedangkan persentase hasil belajar lompat jauh dari observasi awal sebesar 26,19% pada siklus I 59,52% dan 95,85% pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar lompat jauh (gaya jongkok dan gaya menggantung) meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada siswa kelas X5 SMA Karya Wisata Singaraja tahun pelajaran 2015/2016. Disarankan kepada guru penjasorkes untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada pembelajaran lompat jauh, karena terbukti efektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.
Kata Kunci : kooperatif, TGT, aktivitas, hasil belajar, lompat jauh.

This study aims to improve the learning activities and learning outcomes of long jump(squat style and hanging style) through the implementation of cooperative learning model type TGT on the students of class X5 SMA Karya Wisata Singaraja academic year 2015/2016. This study is a classroom action research in the form of the teacher as the researcher. It was conducted in two cycles consists of stages of planning, action, observation/ evaluation and reflection. The subjects of the study were 42 students of class X5 SMA Karya Wisata Singaraja, consists of 19 boys and 23 girls. Data were analyzed using the descriptive statistics. Based on the analysis of data, the result of learning activities at the initial observation was 5.76% (moderately active), in the first cycle it increased to 6.77 (moderately active) and in the second cycle to 8,00% (active). Meanwhile, the percentage of learning outcomes in the initial observation was 26,19%, the first cycle was 59,52% and in the second cycle was 95,85%. Based on the analysis of data and the discussion, it can be concluded that the learning activities and learning outcomes of long jump increased through the implementation of cooperative learning model type TGT on students of class X5 SMA Karya Wisata Singaraja academic year 2015/2016. It is recommended to physical education teachers to teach using cooperative learning model type TGT in the learning process of long jump, because it can improve learning activities and learning outcomes.
keyword : cooperative, TGT, activity, learning outcome, long jump

Published

2016-06-06

Issue

Section

Articles