PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI PASSING BOLA VOLI

I Wayan Kusuma Jaya ., Prof. Dr. I Nyoman Kanca, MS ., I Gede Suwiwa, S.Pd. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) rancangan desain pengembangan video pembelajaran pada materi passing bola voli, (2) tanggapan ahli kependidikan tentang pengembangan video pembelajaran pada materi passing bola voli, (3) tanggapan siswa terhadap video pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Tahapan dari model ini meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pada tahap validasi, produk divalidasi melalui tinjauan oleh para ahli dan uji coba produk kepada siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah berupa kuisioner. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah deskripsi proses pengembangan media video pembelajaran dan kelayakan media video pembelajaran pada materi passing bola voli kelas X di SMK Negeri 1 Seririt. Kelayakan video pembelajaran diperoleh berdasarkan data dari angket yang kemudian di analisis secara deskriptif kuantitatif dan dikonversi ke dalam PAP konversi tingkat pencapaian dengan skala lima. Tinjauan ahli isi/materi mencapai 89% dengan kategori baik, tinjauan ahli desain pembelajaran mencapai 89% dengan kategori baik, tinjauan ahli media pembelajaran mencapai 96% dengan kategori sangat baik, validasi perorangan mencapai 91% dengan katagori sangat baik, validasi kelompok kecil mencapai 93,3% dengan katagori sangat baik, dan validasi kelompok besar mencanpai 93% dengan katagori sangat baik. Dari penelitian pengembangan video pembelajaran ini diharapkan dapat menjadi sumber belajar yang efektif, efesien, serta memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran.
Kata Kunci : pengembangan, video pembelajaran, passing bola voli

This study aims to describe (1) the draft design of the development of instructional videos on material passing volleyball, (2) education expert feedback on the development of instructional videos on material passing volleyball, (3) the responses of students to instructional videos developed. This research is the development of the model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Stages of this model include phase analysis), design, development, implementation, and evaluation. In the validation phase, the product is validated through review by experts and product trials to students. Data collection instrument used was a questionnaire/questionnaire. Analysis of the data used is descriptive analysis of quantitative and qualitative descriptive analysis. The results of this study is the description of the process of developing instructional video and video media feasibility study on the material passing volleyball class X SMK Negeri 1 Seririt. Feasibility instructional video based on data obtained from a questionnaire which is then analyzed by descriptive quantitative and converted into Conversion Rate PAP Achieving the scale of five. The review expert content/material reaches 89% with good category, expert review of instructional design reaches 89% with good category, expert review of instructional media reaches 96% with very good categories, validating individual reaches 91% in the category very well, validating the small group reached 93.3% in the category very well, and validation of large groups mencanpai 93% with very good category. From research on the development of instructional video is expected to be a source of learning effectiv, efficient, as well as help students understand the subject matter.
keyword : development, learning videos, passing volleyball

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Jurnal Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan Undiksha indexed by:

 Crossref




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.