IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASI BELAJAR PASSING BOLA BASKET

Authors

  • I Komang Darma Santiawan .
  • I Gst Lanang Agung Parwata,S.Pd, M.Kes .
  • dr. Adnyana Putra, S.Ked. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v4i2.7606

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing bola basket melalui implementasi model pembelajaran kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) pada siswa kelas VII.A SMP Muhammadiyah 2 Singaraja tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 22 orang siswa, terdiri dari 12 putra dan 10 putri. Data aktivitas dinilai oleh 2 orang observer, mengunakan lembar observasi aktivitas belajar dan hasil belajar dinilai oleh 2 orang evaluator mengunakan assesmen hasil belajar. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data untuk aktivitas passing bola basket pada observasi awal secara klasikal sebesar 6,36 (cukup), dan pada siklus I meningkat menjadi 7,34 (aktif) dan 8,31 (aktif) pada siklus II. Sedangkan persentase ketuntasan belajar passing bola basket pada observasi awal secara klasikal sebesar 22,72% , pada siklus I 63,65% dan 100% pada siklus II. Disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola basket siswa meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada siswa kelas VII.A SMP Muhammadiyah 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2015/2016, untuk itu disarankan kepada guru penjasorkes untuk mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada proses pembelajaran passing bola basket karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.
Kata Kunci : Kooperatif, TGT, aktivitas belajar, hasil belajar, passing bola basket.

This study aims to improve the activity and learning outcomes passing a basketball through the implementation of cooperative learning model type Team Games Tournament (TGT) on VII.A grade students of SMP Muhammadiyah 2 Singaraja in the academic year 2015/2016. This research is classified as a class action research conducted by 2 cycles. Each cycle consists of planning, implementation, observation / evaluation, and reflection. Subjects numbered 22 students, consisting of 12 sons and 10 daughters. Data activity assessed by 2 observers, using observation sheet learning activities and learning outcomes assessed by 2 evaluators use the assessment of learning outcomes. Data were analyzed using descriptive statistical analysis. Based on the analysis of data on the activity of passing the basketball at the beginning of the classical observation by 6.36 (enough), and the first cycle increased to 7.34 (active) and 8.31 (active) in the second cycle. While learning completeness percentage passing the basketball at the beginning of the classical observation by 22.72%, 63.65% in the first cycle and 100% in the second cycle. It was concluded that the activities and results to learn the basic techniques of passing the basketball students increased through the implementation of cooperative learning model VII.A TGT grade students of SMP Muhammadiyah 2 Singaraja in the academic year 2015/2016, for it suggested to the teacher penjasorkes to implement cooperative learning model TGT on the learning process of passing the basketball because it can increase the activity and learning outcomes.
keyword : Cooperative, TGT, learning activities, learning outcomes, passing the basketball.

Published

2016-07-18

Issue

Section

Articles