PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BOLA VOLI

Authors

  • I Putu Sudana .
  • I Gst Lanang Agung Parwata,S.Pd, M.Kes .
  • Kadek Yogi Parta Lesmana, S.Pd.,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v4i2.7939

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing bola voli melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII K SMP Negeri 1 Banjar tahun pelajaran 2015/2016.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas kelas VIII K SMP Negeri 1 Banjar , berjumlah 32 orang dengan rincian 18 orang putra dan 14 orang putri. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data aktivitas belajar secara klasikal pada siklus I meningkat menjadi 7,66dengan kategori aktif dan ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I pada aspek pengetahuan 2,67%, pada aspek sikap 92,3%, dan pada aspek keterampilan 3,22Aktivitas belajar secara klasikal pada siklus II 7,6 dengan kategori aktif dan ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus II pada aspek pengetahuan 100%, pada aspek sikap 100%, dan pada aspek keterampilan 100%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar passing bola voli meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII K SMP Negeri 1 Banjar tahun pelajaran 2015/2016. Disarankan kepada guru PJOK dapat mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola voli pada siswa.
Kata Kunci : Kooperatif STAD, aktivitas, hasil belajar, bola voli.

This study aims to improve the activity and learning outcomes volleyball passing techniques through the implementation of cooperative learning NHT model on students' class X BOGA 3 SMK Negeri 2 Singaraja academic year 2015/2016. This research is a classroom action research and it was conducted in two cycles , consisting of an action plan, action, observation or evaluation and reflection. Research subjects was VIII K grade of SMP Negeri 1 Banjar, total of students were 39 people 28 males and 19 females. Data were analyzed using descriptive statistical analysis. Observation data analysis results early learning activities in classical volleyball passing at 5,5 ( moderetely active ), after receiving the first cycle of action learning activities increased by 2,1 to 7,6 ( active ) and increased by 1,0 to 8,6 ( active ) in the second cycle. Based on the analysis of data and discussion it can be concluded that the activity and learning outcomes of technique of volleyball passing technique is improved through the implementation of cooperative learning model on students' class VIII K SMP Negeri 1 Banjar academic year 2015/2016. PJOK recommended to teachers to use cooperative learning model NHT because it can increase activity and learning outcomes volleyball passing techniques on students.
keyword : Cooperative NHT, activities , learning outcomes , Volleyball

Published

2016-07-27

Issue

Section

Articles