IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING CONTROL SEPAK BOLA

Authors

  • I Made Suryabrata .
  • I Putu Darmayasa, S.Pd, M.For .
  • Ni Luh Putu Spyanawati, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v4i2.7940

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing control sepakbola melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sukasada tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan bentuk guru sebagai peneliti yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian siswa kelas XI IPS, berjumlah 24 orang siswa (19 orang putra dan 5 orang putri). Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data aktivitas belajar teknik dasar passing control sepakbola secara klasikal pada observasi awal 3,67 (kurang aktif), 6.61 (cukup aktif) pada siklus I dan 8,84 (aktif) pada siklus II. Analisis data ketuntasan hasil belajar teknik dasar passing control sepakbola pada observasi awal 8,3% (tidak tuntas), 45,83% (tidak tuntas) pada siklus I, dan 100% (tuntas) pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing control sepakbola meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sukasada tahun pelajaran 2015/2016. Disarankan kepada guru Penjasorkes agar dapat mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada materi passing control sepakbola karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif TGT, aktivitas, hasil belajar, sepak bola

This study aims to improve the activity and results of learning the basic techniques of passing control of football through the implementation of cooperative learning model TGT students of class XI IPS SMAN 1 Sukasada the academic year 2015/2016. This research is a classroom action research (PTK) with form teachers as researchers conducted in two cycles. The research subjects XI IPS graders, totaling 24 students (19 boys and 5 girls). Data were analyzed using descriptive statistical analysis. The results of the data analysis activities to learn the basic techniques of passing football in the classical control on preliminary observations 3.67 (underactive), 6.61 (quite active) in the first cycle and 8.84 (active) in the second cycle. Analysis of the data completeness result of learning the basic techniques of passing control of football on preliminary observations 8.3% (not finished), 45.83% (not finished) in the first cycle and 100% (complete) in the second cycle. Based on the analysis of data and discussion concluded that the activities and results to learn the basic techniques of football passing control increased through the implementation of cooperative learning model TGT students of class XI IPS SMAN 1 Sukasada the academic year 2015/2016. Penjasorkes recommended to teachers in order to implement the model of cooperative learning TGT to the material passing control soccer because it can increase the activity and student learning outcomes.
keyword : TGT model cooperative learning, activity, learning outcomes, football

Published

2016-07-27

Issue

Section

Articles