IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BOLA VOLI

Authors

  • I Komang Edy Muliawan .
  • I Putu Darmayasa, S.Pd, M.For .
  • Ni Luh Putu Spyanawati, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v4i2.7947

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola voli melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas X JB 2 SMK Pariwisata Triatma Jaya Singaraja tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan bentuk guru sebagai peneliti yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X JB 2 SMK Pariwisata Triatma Jaya Singaraja, berjumlah 34 orang dengan rincian 19 orang putra dan 15 orang putri. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data rata-rata aktivitas belajar pada siklus I sebesar 6,99 (cukup aktif) dan pada siklus II menjadi 7,43 (aktif). Sedangkan analisis data ketuntasan hasil belajar teknik dasar passing bola voli pada siklus I sebesar 78,43% (cukup), dan pada siklus II menjadi 86,39% (baik). Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa, aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola voli meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas X JB 2 SMK Pariwisata Triatma Jaya Singaraja tahun pelajaran 2015/2016. Disarankan kepada guru Penjasorkes agar dapat mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi passing bola voli karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif STAD, aktivitas, hasil belajar, bola voli.

This purpose of the study is improving students’ activity and result study in passing of volyball through the implementation of cooperative learning type STAD on grade X JB 2 SMK Pariwisata Triatma Jaya Singaraja in academic year 2015/2016. This research is a class action research with shapes the teacher used two cycles. The subject of the study is student of X JB 2 SMK Pariwisata Triatma Jaya Singaraja, of 34 student consist of 19 males and 15 females. Analysis of the data were using descriptive statistical analysis . The results of data analysis in the first cycle of 6.99 (active enough ) and becomes 7.43 (active ) on the second cycle . Analysis of the data completeness result of learning the basic techniques of passing volleyball in the first cycle of 78.43 % ( enough ) , and increased to 86.39 % (good) on the second cycle. Based on the analysis of data and discussion can be concluded , activities and results to learn the basic techniques of passing a volleyball improved through the implementation of cooperative learning model STAD in class X JB 2 SMK Pariwisata Triatma Jaya Singaraja in the academic year 2015/2016. Recommended to Penjasorkes teachers in order to implement cooperative learning model STAD on the material passing volleyball because it can increase the activity and student learning outcomes.
keyword : Cooperative Learning Model STAD, activities, learning outcome, voly ball.

Published

2016-07-27

Issue

Section

Articles