IMPLEMENTASI KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR DRIBBLING SEPAK BOLA

I Putu Agus Mertayasa ., Drs.I Putu Panca Adi, M.Pd. ., dr. I Made Kusuma Wijaya, S.Ked. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar dribbling (kaki bagian dalam dan kaki bagian luar) sepak bola pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Sawan tahun pelajaran 2015/2016.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu guru sebagai peneliti. Pelaksanaan penelitian dalam 2 siklus. Terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Sawan, jumlahnya 35 orang, 20 orang putra dan 15 orang siswa putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif.Hasil analisis data pada siklus 1 yaitu rata-rata aktivitas belajar 6,7 (cukup aktif) dan ketuntasan hasil belajar teknik dasar dribbling sepak bola secara klasikal 62.9% (tidak tuntas). Sedangkan hasil analisis data siklus 2 yaitu rata-rata aktivitas belajar 8,6 (aktif) dan ketuntasan hasil belajar teknik dasar dribbling sepak bola secara klasikal 91.4% (tuntas).Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar dribbling (kaki bagian dalam dan kaki bagian luar) sepak bola meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Sawan tahun pelajaran 2015/2016. Kepada guru penjasorkes agar dapat mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe NHT.
Kata Kunci : NHT, aktivitas belajar, hasil belajar, dribbling, sepak bola.

This study aims to improve the activity and results of learning basic techniques of dribbling (leg inner and outer leg) football in class VIII E SMPN 1 Sawan academic year 2015 / 2016. This research is a class action is the teacher as researcher. Implementation of the research in two cycles. Consist of a plan of action, action, evaluation, and reflection. The research subject class VIII E SMPN 1 Sawan, the numbers 35, 20 men and 15 female student. Data were analyzed using descriptive statistics. The result of data analysis in cycle 1 with an average of 6.7 learning activities (quite active) and the completeness of the results of learning basic techniques of football dribbling classically 62.9% (not finished). While the results of the data analysis cycle 2 at an average of 8.6 learning activity (active) and the completeness of the results of learning basic techniques of soccer drbbling classically 91.4% (complete) . Based on data analysis and discussion can be concluded that the activities and outcomes of learning the basic techniques of dribbling (leg inner and outer leg) football is increased through the implementation of cooperative learning model NHT students of class VIII E SMPN 1 Sawan academic year 2015/2016. It is therefore advisable penjasorkes teachers in order to implement cooperative learning model type NHT.
keyword : NHT, learning activities, learning outcomes, dribbling, football.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Jurnal Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan Undiksha indexed by:

 Crossref




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.