IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING SEPAK BOLA

Authors

  • I Kadek Dwi Agus A.s .
  • Drs. I Made Danu Budhiarta,M Pd. .
  • dr. Adnyana Putra, S.Ked. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v4i2.7958

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing sepak bola melalui implementasi model pembelajaran kontekstual pada siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Seririt tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Seririt tahun pelajaran 2015/2016, yang berjumlah 30 orang. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data aktivitas belajar secara klasikal didapatkan pada observasi awal 5,96 (cukup aktif) dan meningkat pada siklus I menjadi 7,25 (aktif) dan pada siklus II meningkat yaitu 8,1 (aktif). Sedangkan untuk analisis persentase ketuntasan belajar pada observasi awal 13,33% pada siklus I terjadi peningkatan yaitu mencapai 76,67%. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar yaitu mencapai 93,33% (tuntas). Dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing sepak bola meningkat melalui implementasi model pembelajaran kontekstual pada siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Seririt Tahun Pelajaran 2015/2016. Disarankan kepada guru penjasorkes untuk menglimplementasikan model pembelajaran kontekstual pada proses pembelajaran teknik dasar passing sepak bola karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.
Kata Kunci : kontekstual, aktivitas belajar, hasil belajar, sepak bola.

This study aimed to improve the learning activities and learning outcomes of football passing through the implementation of contextual learning model in class VII D SMP Negeri 2 Seririt academic year 2015/2016. This research is a classroom action research in the form of teacher as researcher, conducted in two cycles consisting of planning, action, observation / evaluation and reflection. The subjects were 30 students of class VII D SMP Negeri 2 Seririt. Data were analyzed by using descriptive statistics. Based on the results, the average of learning activities in the preliminary observations was 5,96 (fairly active), in first cycle was 7,25 (active), and in second cycle was 8,1 (active). The percentage of learning outcomes on preliminary observation was 13,33%, in first cycle was 76,67%, and in second cycle was 93,33%. It can be concluded that learning activities and learning outcomes of football passing increased through the implementation of contextual learning model in class VII D SMP Negeri 2 Seririt academic year 2015/2016. It is recommended to physical education teachers to implement contextual learning model in learning process of football passing because it can increase learning activities and learning outcomes.
keyword : contextual, learning activitiy, learning outcome, football.

Published

2016-07-27

Issue

Section

Articles