IMPLEMENTASI KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BOLA VOLI

Authors

  • Putu Ogik Artana .
  • Drs.I Putu Panca Adi, M.Pd. .
  • dr. I Made Kusuma Wijaya, S.Ked. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v4i2.8254

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar Passing (passing atas passing bawah) bola voli pada siswa kelas VIII. 1 SMP Negeri 3 Banjar tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu guru sebagai peneliti. Penelitian dibagi 2 siklus. yang terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas VIII. 1 SMP Negeri 3 Banjar, jumlahnya 32 orang, 11 orang putra dan 21 orang siswa putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data pada siklus 1 yaitu rata-rata aktivitas belajar 6,78 (cukup aktif) dan ketuntasan hasil belajar teknik dasar passing bola voli secara klasikal 78.12% (tuntas). Sedangkan hasil analisis data siklus 2 yaitu rata-rata aktivitas belajar 8.8 (aktif) dan ketuntasan hasil belajar teknik dasar passing bola voli secara klasikal 93.75% (tuntas). Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar Passing bola voli (passing atas passing bawah) meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII. 1 SMP Negeri 3 Banjar tahun pelajaran 2015/2016. Oleh karena itu disarankan guru penjasorkes agar dapat mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Kata Kunci : STAD, aktivitas belajar, hasil belajar, passing, bola voli.

This study aims to improve the activity and learning outcomes Passing the basic techniques (passing on passing down) volleyball in the VIII. 1 SMP Negeri 3 Banjar academic year 2015/2016. This research is a class act that is teacher as researcher. research divided by 2 cycles. Which consists of a plan of action, action, evaluation, and reflection. Eighth grade students study the subject. 1 SMP Negeri 3 Banjar, the numbers 32, 11 sons and 21 daughters student. Data were analyzed using descriptive statistics. The results of data analysis in cycle 1 which is an average of 6.78 learning activities (quite active) and completeness result learn the basic techniques in classical volleyball passing 78.12% (not finished). While the results of the data analysis cycle 2 at an average of 8.8% learning activity (active) and the completeness of the results of learning basic techniques in classical volleyball passing 93.75 % (complete). Based on data analysis and discussion can be concluded that the activity and learning outcomes Passing the basic techniques of volleyball (passing on passing below) increased through the implementation of cooperative learning model STAD in class VIII. 1 SMP Negeri 3 Banjar academic year 2015/2016. It is therefore advisable penjasorkes teachers in order to implement cooperative learning model type STAD.
keyword : learning activities, learning outcomes, passing, volleyball.

Published

2016-08-05

Issue

Section

Articles