IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BOLA VOLI

Authors

  • Kadek Wira Wicaksana .
  • Drs. I Made Danu Budhiarta,M Pd. .
  • dr. Adnyana Putra, S.Ked. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v4i3.8613

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing (passing atas dan passing bawah) bola voli melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Sawan tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas,dengan bentuk guru sebagai peneliti. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Sawan yang berjumlah 20 orang siswa. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian aktivitas belajar pada siklus I secara klasikal adalah 7,1125 pada kategori aktif dan hasil belajar pada siklus I mencapai 70%. Pada siklus II aktivitas belajar secara klasikal adalah 8,48 pada kategori aktif dan hasil belajar pada siklus II mencapai 100%. Berdasarkan hasil analisis data, simpulan penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing (passing atas dan passing bawah) bola voli meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Sawan tahun pelajaran 2016/2017. Disarankan kepada guru penjasorkes dapat mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam proses pembelajaran passing bola voli, karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.
Kata Kunci : Kooperatif, STAD, aktivitas belajar, hasil belajar, bola voli.

This study aims to improve the learning activity and learning outcomes of volleyball passing (passing over and passing below) through the implementation of cooperative learning model Student Teams Achievement Division (STAD) in class VIIB SMPN 2 Sawan the academic year 2016/2017. This research is classified as a class room action research, with the form of the teacher as researcher. This research subject is class VIIB SMPN 2 Sawan totaling 20 students. Data were analyzed using descriptive statistical analysis.The results of the study in the first cycle of learning activities in the classical category was 7.1125 on active and learning outcomes in the first cycle reaches 70%. In the second cycle in the classical learning activity was 8,48 in the category of active and learning outcomes of the second cycle reaches 100%. Based on the analysis, the conclusion of this study is the activities and outcomes of learning the basic techniques of passing volleyball (passing over and passing below) increased through the implementation of cooperative learning model type Student Teams Achievement Division (STAD) in Class VIIB SMPN 2 Sawan in the academic year 2016 / 2017. It is recommended to physical education teachers can implement cooperative learning model type STAD in the learning process of passing volleyball, because it can increase the learning activity and learning outcomes.
keyword : Cooperative learning, STAD, learning activity, learning outcome, volleyball.

Published

2016-10-31

Issue

Section

Articles