Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Kartu Gerak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Peserta Didik Kelas V SD Negeri I Banjar Jawa
Keywords:
Project Based Learning, Hasil Belajar, Gerak DasarAbstract
Jenis penelitian yang akan diterapkan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 1 Banjar Jawa Tahun ajaran 2023/2024. Jumlah peserta didik kelas B yang berjumlah 38 orang siswa diantaranya putra 19 orang sedangkan putri 19 orang, dan objek dari penelitian ini yaitu saya sebagai peneliti langsung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan assessment system. Berdasarkan hasil diatas menunjukkan bahwa model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan hasil gerak dasar terhadap peserta didik kelas V di SD Negeri 1 Banjar Jawa dengan predikat tergolong baik.
References
Kanca. 2010. Metode Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Buku Ajar. Singaraja: Fakultas Olahrga dan Kesehatan.
Nasution, S, Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Jakarta : Bina Aksara, 1990.
Rahma Wahyu. 2016. Implementasi Model Project Based Learning (PJBL) Ditinjau Dari Penerapan Kurikulum 2013. Kediri: Fakultas Teknik, Universitas Kahuripan.
Thomas, J. W. 2000. A Review of Research on Project Based Learning. (Online), (http://www.bobpearlman.org/BestPractices/PBL_Research.pdf), diakses 25 Agustus 2023.
Yulianto, S., Roesdiyanto, R., & Sugiharto, S. (2017). Analisis Perubahan Kurikulum pada Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)