Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Kartu Gerak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Peserta Didik Kelas V SD Negeri I Banjar Jawa

Authors

  • I Putu Krismon Eka Perdana Undiksha
  • Made Agus Wijaya Undiksha
  • Made Satyawan Undiksha

Keywords:

Project Based Learning, Hasil Belajar, Gerak Dasar

Abstract

Jenis penelitian yang akan diterapkan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 1 Banjar Jawa Tahun ajaran 2023/2024. Jumlah peserta didik kelas B yang berjumlah 38 orang siswa diantaranya putra 19 orang sedangkan putri 19 orang, dan objek dari penelitian ini yaitu saya sebagai peneliti langsung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan assessment system. Berdasarkan hasil diatas menunjukkan bahwa model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan hasil gerak dasar terhadap peserta didik kelas V di SD Negeri 1 Banjar Jawa dengan predikat tergolong baik.

References

Kanca. 2010. Metode Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Buku Ajar. Singaraja: Fakultas Olahrga dan Kesehatan.

Nasution, S, Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Jakarta : Bina Aksara, 1990.

Rahma Wahyu. 2016. Implementasi Model Project Based Learning (PJBL) Ditinjau Dari Penerapan Kurikulum 2013. Kediri: Fakultas Teknik, Universitas Kahuripan.

Thomas, J. W. 2000. A Review of Research on Project Based Learning. (Online), (http://www.bobpearlman.org/BestPractices/PBL_Research.pdf), diakses 25 Agustus 2023.

Yulianto, S., Roesdiyanto, R., & Sugiharto, S. (2017). Analisis Perubahan Kurikulum pada Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan.

Downloads

Published

2025-01-25

Issue

Section

Articles