Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Materi Permainan Bola Kecil Bulutangkis Peserta Didik Kelas VII A SMP Negeri 7 Singaraja
Keywords:
Problem Based Learning, Hasil Belajar, Bola Kecil, BulutangkisAbstract
Proses pembelajaran PJOK memiliki berbagai materi pembelajaran tentang kesehatan dan olahraga dimana menuntut peserta didik untuk dapat mengetahui berbagai macam jenis cabang olahraga dan permainan, salah satunya adalah materi permainan bulutangkis. Ada beberapa teknik dasar memukul dalam permainan bulutangkis adalah servis panjang, servis pendek, lob, smash, drop shot, chop, drive, dan netting. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning ini diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang menarik dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik khususnya pada mata pelajaran PJOK. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PJOK materi bola kecil bulutangkis kelas VII-A SMP Negeri 7 Singaraja. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian dilakukan dengan menggunakan 2 siklus dengan alur (1) Rencana Tindakan, (2) Pelaksanan Tindakan, (3) Observasi/Evaluasi, (4) Refleksi. Hasil penelitian ini adalah terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik dalam materi bola kecil bulutangkis sebesar 84% dalam aspek pengetahuan dan 81,1% dalam aspek keterampilan kategori sangat aktif pada siklus I. Hasil belajar peserta didik dalam materi bola kecil bulutangkis aspek pengetahuan menunjukkan persentase sebesar 94% dan aspek keterampilan 91% pada siklus II. Kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa terdapat peningkatan hasil belajar materi bola kecil bulutangkis dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning.
References
Akbar, R., Hidasari, F. P., & Haetami, M. (2020). Keterampilan teknik dasar servis, lob dan smash bulu tangkis pada ekstrakurikuler di smp negeri 18 pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 9(1).
Erda, V., Razak, A., Hardeli, & Sumarmin, R. 2018. The Effect of Model Problem Based Learning of Learning Outcomes Student Course on Animal Ecology Based on Learning Styles. International Journal of Progressive and Technologies (IJPSAT),6(2),533-538.
Hendriadi, I. G. O. (2021). Ketersediaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(2), 68-74.
Kamaruddin, Ilham, Muhammad Nur, and Sufitriyono Sufitriyono. 2020. “Distributed Practice Learning Model Using Audiovisual Media for Teaching Basic Skills of Badminton.” Journal of Educational Science and Technology 6(2): 224–32.
Lestari, F., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V SD. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(3), 255-269.
Miharja, F. J. 2019 Penerapan Problem Based Learning berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian.
Mutiaramses, S, N., & Murni, I. (2021). Peran Guru dalam Pengelolaan Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 06, 43–48.
Parasamya, C. E., & Wahyuni, A. 2017. Upaya peningkatan hasil belajar fisika siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal IlmiahMahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 2(1), 42–49.
Pasaribu, A. M. N., & Mashuri, H. (2019). The role of rhythmic gymnastics for physical fitness for elementary school students. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 5(1 SE-Article), 89–97. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v5i 1.12551.
Prayogi, S., & Asy’ari, M. 2018. Implementasi Model PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Prisma Sains, 1, 79–87.
Suarim, B., & Neviyarni. 2021. Hakikat Belajar Konsep pada Peserta Didik Biasri. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 75–83
Sudjana, N, 2010. Cara Belajar siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar (1sted.). Bandung Penerbit Sinar Baru Algensindo,2010.
Widana, I. W., & Diartiani, P.A. 2021 Model pembelajaran Problem Based Learning berbasis entomatematika untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 10(1), 88-89.
Yanuarta, L., Gofur, A., & Indriwati, S. E.2017. Pengembangan Karakter Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Dengan Pembelajaran Thnik Talk Write Didapu Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan,2(2),192-198.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)