IMPLEMENTASI MODEL STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI

Authors

  • I Ketut Jaya Laksana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v1i2.964

Abstract

IMPLEMENTASI MODEL STAD UNTUK MENINGKATKAN

AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR

PASSING BOLA VOLI

I Ketut Jaya Laksana

NIM. 0816011029

Penjaskesrek FOK Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Tengah Undiksha Singaraja, Jalan Udayana Singaraja-Bali Tlp. (0362) 32559

E-mail: jayalaksana77@yahoo.com

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing (bawah dan atas) bola voli melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas I MM SMK Negeri 1 Gianyar. Jenis penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas dengan bentuk guru sebagai peneliti, yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklusnya 2 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas I MM SMK Negeri 1 Gianyar tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari 34 orang siswa, yaitu 24 putra dan 10 putri. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 7,81 dengan kategori aktif dan hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 79,41% dengan katagori  baik. Sedangkan Pada siklus II, rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 8,47 kategori aktif dan hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 100% katagori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing (bawah dan atas) bola voli mengalami peningkatan melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Oleh karena itu guru penjasorkes disarankan untuk dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola voli.

Kata-kata kunci: Model pembelajaran Kooperatif tipe STAD, aktivitas belajar, hasil belajar, passing bola voli.

 

Downloads

Published

2013-07-08

Issue

Section

Articles