MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLAVOLI

Authors

  • I Wayan Eka Putra

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v1i2.975

Abstract

MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD UNTUK

MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR

PASSING BOLAVOLI

I Wayan Eka Putra

NIM. 0816011205

Penjaskesrek FOK Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Tengah Undiksha Singaraja, Jalan Udayana Singaraja-Bali Tlpn. (0362) 32559

e-mail: ekamitasi@yahoo.co.id

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing (bawah dan atas) bola voli, melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Blahbatuh tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Blahbatuh tahun pelajaran 2012/2013 berjumlah 26 siswa, yaitu 13 siswa putra dan 13 siswa putri. Data aktivitas dan hasil belajar dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 7,52 kategori aktif dan hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 73,1% katagori cukup baik. Sedangkan Pada siklus II, rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 8,44 kategori aktif dan hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 88,5% katagori sangat baik. Berdasarkan hasil dan pembahasan, disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing (bawah dan atas) bola voli pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Blahbatuh tahun pelajaran 2012/2013 meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Disarankan kepada guru penjasorkes, untuk mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola voli.

 

Kata-kata kunci: Model pembelajaran STAD, aktivitas belajar, hasil belajar, passing bola voli.

Downloads

Published

2013-07-08

Issue

Section

Articles