MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLAVOLI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v1i2.975Abstract
MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD UNTUK
MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR
PASSING BOLAVOLI
I Wayan Eka Putra
NIM. 0816011205
Penjaskesrek FOK Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Tengah Undiksha Singaraja, Jalan Udayana Singaraja-Bali Tlpn. (0362) 32559
e-mail: ekamitasi@yahoo.co.id
Abstrak: Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing (bawah dan atas) bola voli, melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Blahbatuh tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Blahbatuh tahun pelajaran 2012/2013 berjumlah 26 siswa, yaitu 13 siswa putra dan 13 siswa putri. Data aktivitas dan hasil belajar dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 7,52 kategori aktif dan hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 73,1% katagori cukup baik. Sedangkan Pada siklus II, rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 8,44 kategori aktif dan hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 88,5% katagori sangat baik. Berdasarkan hasil dan pembahasan, disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing (bawah dan atas) bola voli pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Blahbatuh tahun pelajaran 2012/2013 meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Disarankan kepada guru penjasorkes, untuk mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola voli.
Kata-kata kunci: Model pembelajaran STAD, aktivitas belajar, hasil belajar, passing bola voli.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)