IMPLEMENTASI KOOPERATIF TPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI

Authors

  • Nengah Hakamal Jauhan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v1i2.982

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing bola voli melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada siswa kelas XI IPA2 SMA Negeri 5 Denpasar. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas yang pelaksanaanya dalam dua siklus yaitu tahap rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, evaluasi/observasi, refleksi. Subyek penelitian berjumlah 46 siswa terdiri dari 10 siswa putra dan 36 siswa putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data untuk aktivitas belajar passing bola voli pada observasi awal 5,9 (Cukup Aktif), dan pada siklus I meningkat sebesar 6,58 ( Cukup Aktif), kemudian pada siklus II meningkat sebesar 8,12 (Aktif), dari observasi awal ke siklus I  meningkat 0,68 dan dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 1,54. Sedangkan persentase hasil belajar passing bola voli dari observasi awal sebesar 4,4% (Sangat Kurang Baik), dan pada siklus I 82,6% (Baik), kemudian pada siklus II 100% (Sangat Baik). Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat melalui Implementasi model pembelajaran kooperatif TPS pada siswa kelas XI IPA2 SMA Negeri 5 Denpasar tahun pelajaran 2012/2013. Disarankan kepada guru penjasorkes untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS, karena terbukti efektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.

Downloads

Published

2013-07-10

Issue

Section

Articles