PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI BERBANTUAN MEDIA KARTU GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA

Authors

  • Ni Luh Ari Surastini

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.1000

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan anak dalam menirukan kalimat sederhana melalui model pembelajaran artikulasi berbantuan media kartu gambar pada anak kelompok B semester II di TK Widya Maha Gangga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus.  Subjek penelitian ini adalah anak TK pada kelompok B Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 30  dengan 15 orang anak laki-laki dan 15 anak perempuan. Data penelitian tentang perkembangan kemampuan menirukan kalimat sederhana anak dikumpulkan dengan metode observasi dengan instrument berupa lembar format observasi.  Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis deskritiptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menirukan kalimat sederhana dalam pengembangan kemampuan bahasa dengan penerapan model pembelajaran artikulasi  pada siklus I sebesar 50,57% yang berada pada kategori sangat rendah ternyata mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 93,83% tergolong pada kategori sangat tinggi.  Jadi terjadi peningkatan perkembangan kemampuan menirukan kalimat sederhana sebesar 46,26%.

Downloads

Published

2013-07-10

How to Cite

Surastini, N. L. A. (2013). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI BERBANTUAN MEDIA KARTU GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.1000

Issue

Section

Articles