PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS BERBANTUAN MEDIA KONKRIT MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL

Authors

  • Ni Made Nita Risanti

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.1001

Abstract

Salah satu aspek perkembangan Taman Kanak-kanak yang diteliti adalah perkembangan sosial emosional yang merupakan suatu perasaan atau pikiran seseorang berinteraksi dengan lingkungannya. Perkembangan sosial emosional dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode pemberian tugas berbantuan media konkrit melalui kegiatan finger painting. Penelitian ini melibatkan anak kelompok A Taman Kanak-kanak Ganesha Denpasar Selatan semester II tahun ajaran 2012/2013, yang berjumlah 10 anak dengan 6 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus terdiri dari empat kali pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi. Metode observasi adalah metode atau cara-cara yang menganalisis dan mengadakan pencatatan secara sistematis mengenai tingkah laku dengan melihat atau mengamati individu atau kelompok secara langsung. Hasil analisis data menunjukkan bahwa adanya peningkatan perkembangan sosial emosional anak kelompok A melalui kegiatan finger painting berbantuan media konkrit pada siklus I sebesar 55,5% pada kategori rendah dan meningkat pada siklus II menjadi 81,9 % berada pada kategori tinggi. Dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 26,4%.

Downloads

Published

2013-07-10

How to Cite

Risanti, N. M. N. (2013). PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS BERBANTUAN MEDIA KONKRIT MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.1001

Issue

Section

Articles