PENERAPAN MODEL NUMBER HEAD TOGETHER DENGAN MEDIA DADU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN

Authors

  • Ni Wyn Apriliani
  • A.A.GD. Agung
  • MG.Rini Kristiantari

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.1044

Abstract

Perkembangan anak usia dini sangat penting dan perlu dikembangkan dalam pendidikan anak usia dini. Salah satu aspek yang perlu dikembangkan adalah kemampuan mengenal konsep bilangan. Dalam pengembangan aspek tersebut memerlukan strategi dan model pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan anak kelompok A di Taman Kanak-kanak Saraswati 1 Denpasar, setelah menerapkan model Number Head Together dengan media dadu. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah 23 anak Taman Kanak-kanak pada kelompok A Semester II tahun pelajaran 2012/2013. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dengan instrumen berupa lembar observasi. Selanjutnya data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan anak kelompok A dengan media dadu. Pada siklus I menunjukkan sebesar 59,24% dan masih tergolong dalam kategori rendah dan pada siklus II meningkat menjadi sebesar 85,06% berada pada kategori sangat tinggi.

Downloads

Published

2013-07-10

How to Cite

Apriliani, N. W., Agung, A., & Kristiantari, M. (2013). PENERAPAN MODEL NUMBER HEAD TOGETHER DENGAN MEDIA DADU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.1044

Issue

Section

Articles