Perspektif Mahasiswa dalam Menumbuhkan Nilai Pendidikan Multikultural untuk Anak Usia Dini

Authors

  • Rendy Setyowahyudi Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v8i1.23480

Abstract

Meningkatnya perubahan demografis pada masyarakat akhir-akhir ini akan semakin meningkatkan keberagaman di dalam masyarakat. Untuk itu, diperlukan peran kaum muda intelektual yang di wakili oleh mahasiswa untuk dapat memberikan sumbangsih perspektif nilai pendidikan multicultural untuk anak sejak dini agar dapat mencegah terancamnya keharmonisan hidup bermasyarakat di kemudian hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perspektif mahasiswa dalam menumbuhkan nilai pendidikan multicultural untuk anak usia dini yang mencakup perbedaan agama, etnis, sosialekonomi dan gender. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif. Subjek diambil dengan purposive sampling sejumlah 20 orang mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Analisis data menggunakan model Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menumbuhkan nilai pendidikan multicultural dalam perbedaan agama, etnis, sosialekonomi dan gender dapat dilakukan dengan (1) bertukar nilai positif antar pemeluk agama, (2) dengan mengikuti kegiatan etnis yang berbeda, (3) melibatkan anak dengan kegiatan social dilingkungannya, (4) melalui buku cerita dan lewat kegiatan menonton film yang berisi muatan nilai kesetaraan gender. Singkatnya, penelitian ini berkesimpulan bahwa perspektif mahasiswa dalam menumbuhkan nilai pendidikan multicultural untuk anak usia dini dapat dilakukan dengan melakukan interaksi dan melibatkan anak dengan kegiatan yang ada di sekeliling mereka sehingga anak akan dapat menumbuhkan nilai pendidikan multicultural di hati dan perilakunya.

Author Biography

Rendy Setyowahyudi, Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Downloads

Published

2020-04-25

How to Cite

Setyowahyudi, R. (2020). Perspektif Mahasiswa dalam Menumbuhkan Nilai Pendidikan Multikultural untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/paud.v8i1.23480

Issue

Section

Articles