Tantangan Praktek Pembelajaran Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.41841Keywords:
Tantangan Pembelajaran Anak Usia Dini, Pembelajaran Daring, Covid19Abstract
Pandemi covid-19 berdampak pada perubahan paradigma pembelajaran. Perubahan tersebut menyebabkan terjadinya berbagai kendala Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang tantangan praktek pembelajaran di PAUD selama pandemi covid-19. Penelitian ini dianalisis menggunakan metode mixed-method dengan desain explanatory sequential yang melibatkan guru dari berbagai daerah di Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran survey dan teknik wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa tantangan yang dihadapi guru dan orang tua dalam praktek pembelajaran di masa pandemi ini rata-rata mengalami hal yang sama. Pertama sistem pembelajaran yang beralih ke sistem online masih belum bisa dilaksanakan secara optimal karena hambatan dalam sumber daya manusia baik dari guru, orang tua, maupun anak terhadap teknologi. Kegiatan evaluasi pembelajaran, pada masa pandemi ini evaluasi yang peserta didik dilakukan penyesuaian namun masih banyak kendala yang dihadapi, didapatkan hasil bahwa ketercapaian tujuan pembelajaran dibeberapa lembaga tidak tercapai secara maksimal. Keterlibatan orang tua yang dalam mendampingi anak anak masih terbatas karena sibuk bekerja, pengetahuan dalam mengajar anak, hingga keterbatasan sarana teknologi. Dalam upaya menghadapi tantangan tersebut, hendaknya pihak sekolah perlu mempertimbangkan kesiapan anak dan orang tua dalam penyampaian materi. Guru sebaiknya mampu menjelaskan ke orang tua bagaimana cara mengajar dan menyampaikan terlebih dahulu materi belajar yang akan diberikan ke anak karena tidak semua orang tua memiliki kemampuan mengajar. Diharapkan dengan begitu, orang tua paham dan dapat membantu proses pembelajaran daring.
References
Aderholt, R. (2020). Coronavirus Outbreak Shining An Even Brighter Light on Internet Disparities in Rural America. The Hill.
Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314.
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.
Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111.
Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112.
Fardana, N. A. N. (2016). Psikologi Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini Sebuah Bunga Rampai. Prenada Media Grup.
Fikri, M., Ananda, M. Z., Faizah, N., Rahmani, R., Elian, S. A., & Suryanda, A. (2021). Kendala Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(1), 145–148. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2290.
Iswatiningsih, D., Fauzan, Dluhayati, & Lestari, Y. K. (2020). Efektivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Daring di Masa Pandemi COVID-19 Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Siswa SMP. Jurnal Pendidikan, Kebahasaan Dan Kesustraan Indonesia, 5, 141–156.
Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630.
Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan pada Guru Sekolah Dasar di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67–76. https://doi.org/10.52217/pedagogia.v2i1.640.
Mulyasa. (2013). Teacher’s Competency Standard And Certification. PT Remaja Rosdakarya.
Munawaroh, H. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran dengan Permainan Tradisional Engklek Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 86. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.19.
Mustaqim. (2016). Metode Penelitian Gabungan Kuantitatif Kualitatif/Mixed Methods Suatu Pendekatan Alternatif. Jurnal Intelegensia, 04(1), 1–9.
Pratiwi, E. W. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Di Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1–8. https://doi.org/10.21009/pip.341.1.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/142.
Putri, R. S., Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Wijayanti, L. M., & Hyun, C. C. (2020). Impact of the COVID-19 pandemic on online home learning: An explorative study of primary schools in Indonesia. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(5), 4809–4818. https://search.bvsalud.org/global-literature-on-novel-coronavirus-2019 ncov/resource/en/covidwho-830197.
Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2), 297–302. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768.
Sadikin, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi,6(2). https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759.
Srihartini, Y., & Pratami, M. L. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Online di Era Pandemi Covid-19. TARBIATUNA Journal of Islamic Education 1 | Tarbiatuna, 1(1), 1–21. http://journal.laaroiba.ac.id/index.php/tarbiatuna/article/view/219.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Surahman, Santaria, & Setiawan. (2020). Tantangan Pembelajaran Daring Di Indonesia. Journal of Islamic Education Management, 5(2), 89–98. http://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/kelola/article/view/1397.
Trisnadewi, K., & Muliani, N. M. (2020). Pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.
Ulfa, Z. D., & Mikdar, U. Z. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Perilaku Belajar , Interaksi Sosial dan Kesehatan bagi Mahasiswa FKIP Universitas Palangka Raya. Journal of Sport Science and Education, 5(2), 124–138.https://journal.unesa.ac.id/index.php/jossae/article/view/9654.
Utami, E. (2020). Kendala dan Peran Orangtua dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 471–479.
Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705.
Yuzulia, I. (2021). The Challenges Of Online Learning During Pandemic : Students ’ V oice. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 13(1), 8–12. https://doi.org/10.31294/w.v13i1.9759.
Zaharah, Kirilova, G. I., & Windarti, A. (2020). Impact of Corona Virus Outbreak Towards Teaching and Learning Activities in Indonesia. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar’i, 7(3), 269–282. http://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15104.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)