Video Cerita Bergambar Digital Pada Tema Tumbuhan Sub Tema Sayuran Bagi Anak Usia Dini

Authors

  • Baiq Tasya Nuraini Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Anak Agung Gede Agung Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v10i2.48754

Keywords:

Video, Cerita Bergambar, Digital

Abstract

Pembelajaran daring membuat anak kesulitan dalam menyerap materi pembelajaran dengan baik. Hal itu juga disebabkan oleh keterbatasan media yang digunakan, yang didominasi menggunakan media cetak. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni mendeskripsikan rancang bangun dan menguji validitas video cerita bergambar digital pada tema tumbuhan sub tema sayuran bagi anak usia dini. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian pengembangan, yang dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini meluputi 3 ahli yaitu ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran pada uji validitas produk, 3 orang anak kelompok A pada uji coba perorangan, dan 3 orang anak kelompok A pada uji coba kelompok kecil. Metode dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitaif. Hasil uji validitas memperoleh hasil yaitu: ahli isi memperoleh persentase 91,67% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain pembelajaran memperoleh persentase 90,00% dengan kualifikasi sangat baik, ahli media pembelajaran memperoleh persentase 92,50% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan memperoleh persentase 92,50% dengan kualifikasi sangat baik dan uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 95,00% dengan kualifikasi sangat baik. Jadi dapat dinyatakan bahwa produk video cerita bergambar digital pada tema tumbuhan sub tema sayuran ini layak digunakan untuk proses pembelajaran pada anak usia dini. Implikasi dalam penelitian ini dapat menambah variasi media dan dapat memotivasi serta menarik minat belajar anak.

References

Adji, W. S., Ansari, M. I., Bashith, A., & Albar, M. (2021). Analisis Kelayakan Video Pembelajaran IPS Jenjang MI/SD di Platform Youtube pada Materi Keragaman Agama di Indonesia. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 57–69. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v6i2.4362. DOI: https://doi.org/10.31602/muallimuna.v6i2.4362

Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R&D. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/ 10.23887/jipp.v4i1.18403. DOI: https://doi.org/10.51276/edu.v1i1.44

Apriliani, E. I., Purwanti, K. Y., & Riani, R. W. (2020). Peningkatan Kesantunan Bahasa Anak Usia Dini melalui Media Pembelajaran Interaktif Budaya Jawa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.319. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.319

Apriza, A. (2017). Pengaruh Biblioterapi Dengan Buku Cerita Bergambar Terhadap Tingkat Kecemasan Efek Hospitalisasi pada Anak Prasekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 105. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.21. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.21

Aryani, N. W., & Ambara, D. P. (2021). Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Aspek Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 252. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36043. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36043

Astuti, R. D. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Metode Outdoor Learning Untuk Mengembangkan Perilaku Sosial Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 20. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3378. DOI: https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3378

Batubara, H. H., & Sari, D. (2020). Penggunaan Video Tutorial Untuk Mendukung Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Virus Corona. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 21. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v5i2.2950. DOI: https://doi.org/10.31602/muallimuna.v5i2.2950

Borman, R. I., & Erma, I. (2018). Pengembangan Game Edukasi Untuk Anak Taman Kanak-Kanak (TK) Dengan Implementasi Model Pembelajaran Visualitation Auditory Kinestethic (VAK). JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 3(1). https://doi.org/10.29100/jipi.v3i1.586. DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v3i1.586

Cendana, H., & Suryana, D. (2021). Pengembangan Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 771–778. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1516. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1516

Deiniatur, M. (2017). Pembelajaran Bahasa Pada Anak Usia Dini Melalui Cerita Bergambar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 190. https://doi.org/10.32332/elementary.v3i2.882. DOI: https://doi.org/10.32332/elementary.v3i2.882

Dharma, I. M. A. (2019). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar Dengan Insersi Budaya Lokal Bali Terhadap Minat Baca Dan Sikap Siswa Kelas V SD Kurikulum 2013. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1). https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17321. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17321

Fadillah, A., & Bilda, W. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbatuan Aplikasi Sparkoll Videoscribe. Jurnal Gantang, 4(2), 177–182. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1369. DOI: https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1369

Gusliati, P., Eliza, D., & Hartati, S. (2019). Analisis Video Pembelajaran Share Book Reading Menggunakan Cerita Rakyat Sabai Nan Aluih pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 320. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.176. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.176

Hafiar, H., Dewi, R., & Puspitasari, L. (2017). Pengadaan Media Literasi Melalui Cerita Bergambar dalam Memperkenalkan Dunia Disabilitas kepada Anak Usia Dini. Mediator: Jurnal Komunikasi, 10(2), 216–226. https://doi.org/10.29313/mediator.v10i2.2747. DOI: https://doi.org/10.29313/mediator.v10i2.2747

Halim, D., & Munthe, A. P. (2019). Dampak Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Anak Usia Dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 203–216. https://doi.org/10.24246/j.js. 2019.v9.i3.p203-216. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p203-216

Hayati, D. J., & Suparno, S. (2020). Efektivitas Buku Cerita Bergambar pada Keberhasilan Toilet Training Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1041. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.498. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.498

Herwati, Y. (2019). Pengaruh Permainan Ludo Bergambar Terhadap Kecerdasan Naturalis Anak di Taman Kanak-kanak Tunas Bangsa Bukittinggi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 428. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.358. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.358

Hidayati, A., Adi, E., & Praherdhiono, H. (2019). Pengambangan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Gaya Kelas IV Di SDN Sukoiber 1 Jombang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 45–50. https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p045. DOI: https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p045

Istianti, T. (2018). Pengembangan Keterampilan Sosial Untuk Membentuk Prilaku Sosial Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 32–38. https://doi.org/10.17509/cd. v6i1.10515. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v6i1.10515

Kaso, N., Subhan, S., Ilham, D., & Aswar, N. (2021). Penguatan Mitigasi Radikalisme Melalui Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal pada Taman Kanak-Kanak di Kota Palopo. Madaniya, 2(2), 152–167. https://doi.org/10.53696/27214834.68. DOI: https://doi.org/10.53696/27214834.68

Komisia, F., Tangi, H. C., & Komisia, F. (2021). Penggunaan Video Pembelajaran Berbasis Integrasi Representasi Kimia Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Education and Development, 9(4). https://doi.org/10.37081/ed.v9i4.2968.

Leksana, D. M. (2019). Buku Cerita Bergambar Sebagai Media Bimbingan Karir Anak Usia Dini. JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 40–47. https://doi.org/10.24905/jcose.v2i1.53. DOI: https://doi.org/10.24905/jcose.v2i1.53

Leksana, D. M. (2020). Media Bimbingan Karir Cerita Bergambar Untuk Menumbuhkan Kesadaran Karir Anak Usia Dini. JCE (Journal of Childhood Education), 4(1), 136. https://doi.org/10.30736/jce.v3i2.121. DOI: https://doi.org/10.30736/jce.v3i2.121

Mardani, P. S. (2022). Penggunaan Media Animasi Bergambar dalam Mengembangkan Keterampilan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(02), 63–75. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.8778. DOI: https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.8778

Melinda, V. A., Degeng, N. S., & Kuswandi, D. (2017). Pengembangan Media Video Pembelajaran IPS Berbasis Virtual Field Trip (VFT) Pada Kelas V SDNU Kratonkencong. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2). https://doi.org/ 10.17977/um031v3i22017p158.

Mukaromah, L. (2020). Pembelajaran Berbasis Alam Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini (Studi Analisis Di TK Jogja Green School). Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 85–95. https://doi.org/10.53515/CJI.2020.1.2.85-95. DOI: https://doi.org/10.53515/CJI.2020.1.2.85-95

Mustika, N. (2021). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Kartu Bergambar Terhadap Moral dan Agama Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2052–2060. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1889. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1889

Ngura, E. T., Go, B., & Rewo, J. M. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(2), 118–124. https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i2.94. DOI: https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i2.94

Nikmah, N. U., & Darwati, Y. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Buku Cerita Bergambar Pada Anak Usia Dini. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 141–151. https://doi.org/10.21154/wisdom.v2i2.3251. DOI: https://doi.org/10.21154/wisdom.v2i2.3251

Oktavia, D. M., & Madya, J. D. (2021). Upaya Penanaman Pendidikan Akhlak Melalui Metode Cerita Bergambar pada Anak Usia Dini. Jurnal Health Sains, 2(2), 203–217. https://doi.org/10.46799/jhs.v2i2.186. DOI: https://doi.org/10.46799/jhs.v2i2.186

Rahiem, M., & Husna, K. (2020). Buku Cerita Bergambar Untuk Pembelajaran Mitigasi Bencana Gunung Meletus Bagi Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(02), 54–67. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i02.3974. DOI: https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i02.3974

Ratnasari, E. M. (2020). Efektifitas Penggunaan Buku Cerita Bergambar terhadap Kecerdasan Visual Anak Prasekolah. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1), 10–16. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i1.4287. DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i1.4287

Rohayati, T. (2018). Pengembangan Perilaku Sosial Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.17509/cd.v4i2.10392. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v4i2.10392

Rohmah, N. (2016). Bermain Dan Pemanfaatannya Dalam Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Tarbawi, 13(2), 27–35. https://doi.org/https://doi.org/10.34001/tarbawi.v13i2.590.

Rusdawati, R., & Eliza, D. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Literasi Sains Anak Usia Dini 5-6 Tahun untuk Belajar dari Rumah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3648–3658. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1750. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1750

Sa’ida, N. (2018). Bahasa Sebagai Salah Satu Sistem Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 16. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1937. DOI: https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1937

Styowati, E., & Utami, F. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Sains Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2472–2482. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1970. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1970

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133–140. https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05. DOI: https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05

Sumiati, N. K., & Tirtayani, L. A. (2021). Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Digital Berbasis Audio Visual terhadap Stimulasi Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 220. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35514. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35514

Suryana, D., & Hijriani, A. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077–1094. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413

Suryani, S. (2019). Kegiatan Bercerita Dengan Buku Cerita Bergambar Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Pada Anak Usia Dini Kelompok B TK Al Falah Kota Jambi. Jurnal Literasiologi, 2(2), 15. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v2i2.39. DOI: https://doi.org/10.47783/literasiologi.v2i2.39

Syafdaningsih, S., & Pratiwi, W. (2022). Pengembangan Video Cerita Anak Tema Budaya Lokal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4199–4209. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2336. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2336

Syafi’i, I., Sa’diyah, C., Wakhidah, E. W., & Umah, F. M. (2020). Penerapan Video Pembelajaran Daring Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 140–160. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i2.7315. DOI: https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i2.7315

Ulfah, M., Maemonah, M., Purnama, S., Hamzah, N., & Fatwa Khomaeny, E. F. (2021). Pengembangan Buku Ajar Digital Parenting: Strategi Perlindungan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1416–1428. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1773. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1773

Windayana, H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif, Kreatif, Dan Edukatif Untuk Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.17509/cd.v5i1.10492. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v5i1.10492

Downloads

Published

2022-12-12

How to Cite

Baiq Tasya Nuraini, & Anak Agung Gede Agung. (2022). Video Cerita Bergambar Digital Pada Tema Tumbuhan Sub Tema Sayuran Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(2), 173–182. https://doi.org/10.23887/paud.v10i2.48754

Issue

Section

Articles