PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS BERBANTUAN MEDIA BALOK UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK

Authors

  • Made Dwi Purnama Sari .
  • Drs. Nyoman Wirya .
  • Putu Rahayu Ujianti, S.Psi. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v3i1.5761

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan perkembangan kognitif setelah diterapkan metode pemberian tugas berbantuan media balok pada anak kelompok B2 semester II di TK Kemala Bhayangkari 2 Singaraja tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan subjek sebanyak 29 orang anak kelompk B2 semester II di TK Kemala Bhayangkari 2 Singaraja tahun pelajaran 2014/2015. Data penelitian tentang perkembangan kognitif dikumpulkan dengan metode observasi dengan instrumen berupa lembar format observasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan perkembangan kognitif pada anak kelompok B2 semester II TK Kemala Bhayangkari 2 Singaraja setelah diterapkan metode pemberian tugas berbantuan media balok. Rata-rata presentase perkembangan kognitif pada siklus I sebesar 68,5% yang berada pada kategori sedang mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 89% yang tergolong pada kategori tinggi. Jadi, terjadi peningkatan perkembangan kognitif dari kategori sedang menjadi kategori tinggi sebesar 20,5% pada anak kelompok B2 TK Kemala Bhayangkari 2 Singaraja
Kata Kunci : metode pemberian tugas, media balok, perkembangan kognitif

This study aims to determine the increase in cognitive development after application of media-assisted method of administration tasks beam in the second half B2 group of children in kindergarten Kemala Bhayangkari 2 Singaraja school year 2014/2015. This research is a classroom action research conducted in two cycles and subjects were 29 children kelompk B2 in the second semester of kindergarten Kemala Bhayangkari 2 Singaraja school year 2014/2015. Data collected research on cognitive development with observation method with observation instruments in the form of sheet format. Data were analyzed using descriptive statistical analysis and quantitative descriptive analysis method. The result showed that an increase in children's cognitive development in second half TK B2 group Kemala Bhayangkari 2 Singaraja after application of the method of administration tasks beam-assisted media. The average percentage of cognitive development in the first cycle of 68.5% which is in the category were increased in the second cycle to 89% were classified in the high category. Thus, an increase in cognitive development of high-medium category into the category of 20.5% in the B2 group of kindergarten children Kemala Bhayangkari 2 Singaraja
keyword : method of assignment, medium beam, cognitive development

Published

2015-08-03

How to Cite

., M. D. P. S. ., ., D. N. W., & ., P. R. U. S. (2015). PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS BERBANTUAN MEDIA BALOK UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK . Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/paud.v3i1.5761

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 5 6 7 8 9 10 11 > >>