PENERAPAN PEMBELAJARAN GERAK DAN LAGU BERBANTUAN AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK PADA ANAK KELOMPOK B

Authors

  • Anak Agung Istri Intan Ari Lastari .
  • Dr. I Ketut Gading,M.Psi .
  • Putu Aditya Antara, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v4i2.7703

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecerdasan kinestetik anak setelah penerapan pembelajaran gerak dan lagu berbantuan audiovisual pada anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kabupaten Jembrana Tahun Pelajaran 2015/2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok B di TK Negeri Pembina Kabupaten Jembrana yang berjumlah 15 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan isntrumen berupa lembar observasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik dan metode analisis deskriptif kuatitatif. Hasil analisis data menunjukan bahwa terjadi peningkatan perkembangan kecerdasan kinestetik anak dengan penerapan pembelajaran gerak dan lagu berbantuan audiovisual. Hasil penelitian menunjukan (1) nilai hasil rata-rata persentase pada siklus I sebesar 53% yang berada pada kategori rendah dan terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 82% dan berada pada kategori tinggi. (2) terjadi peningkatan yang signifikan pada siklus II yaitu 82%. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan oleh peneliti menunjukan bahwa penerapan pembelajaran gerak dan lagu berbantuan audiovisual dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik pada anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kabupaten Jembrana tahun pelajaran 2015/2016.
Kata Kunci : gerak dan lagu, audiovisual, kinestetik

This classroom action research aims to determine the increase kinesthetic intelligence of children after adoption of the motion and song-aided learning in children audiovisual group B at TK Negeri Pembina Kabupaten Jembrana Academic Year 2015/2016. The subjects were students in group B TK Negeri Pembina Jembrana which totaled 15 people. This research is a classroom action research conducted in two cycles. The data collection is done by using the method of observation and instrument observation sheet form. The data were analyzed using statistical analysis and quantitative descriptive analysis method. The results of data analysis showed that there was an increase kinesthetic intelligence development of children with learning the application movement and song aided audiovisual. Research shows 1) the value of the average percentage in the first cycle by 53% in the lower categories and an increase in the second cycle to 82% and at the high category 2) a significant increase in second cycle ie 82%. Based on research conducted by the researcher showed that the application of learning and song-aided audiovisual motion can increase kinesthetic intelligence in children in group B at TK Negeri Pembina Kabupaten Jembrana Academic Year 2015/2016.
keyword : movement and song, audio visual, kinesthetic

Published

2016-07-20

How to Cite

., A. A. I. I. A. L., ., D. I. K. G., & ., P. A. A. S. (2016). PENERAPAN PEMBELAJARAN GERAK DAN LAGU BERBANTUAN AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK PADA ANAK KELOMPOK B . Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2). https://doi.org/10.23887/paud.v4i2.7703

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>