PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF

Authors

  • Desak Putu Reza Maylita Jurusan Pendidikan Guru PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.984

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak setelah diterapkan model pembelajaran make a match berbantuan media kartu huruf pada kelompok B3 semester II di taman Kanak-Kanak Kumara Jaya Denpasar Selatan tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 14 orang Anak Taman Kanak-Kanak Kelompok B Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan kemampuan kognitif pada siklus I sebesar 61,56% (rendah), pada siklus II kemampuan kognitif menjadi 88,39% (aktif). Hasil penelitian ini menunjukan peningkatan kemampuan kognitif dengan penerapan model pembelajaran make a match dan media kartu huruf sebesar 26,83%.

Downloads

Published

2013-07-10

How to Cite

Maylita, D. P. R. (2013). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.984

Issue

Section

Articles