PENERAPAN METODE MUELLER DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGENALAN HURUF
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.985Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pengenalan huruf dengan menggunakan metode Mueller pada anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Waturenggong Denpasar Barat semester II tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus.Subjek penelitian adalah 18 orang anak Taman Kanak-kanak pada kelompok B semester II tahun pelajaran 2012/2013. Data penelitian tentang perkembangan bahasa dikumpulkan dengan metode observasi dengan instrumen berupa lembar format. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif.
Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif dan analisis deskritif kuantitatif diperoleh rata-rata persentase kemampuan pengenalan huruf anak kelompok B semester II di Taman Kanak-kanak Waturenggong pada siklus I sebesar 51,55 % dan rata-rata persentase kemampuan pengenalan huruf pada pada siklus II sebesar 89,55%. Data ini menunjukkan adanya peningkatan rata-rata pada persentase kemampuan dalam kegiatan pengenalan huruf pada anak dari siklus I ke siklus II sebesar 38% dan berada pada kategori sangat aktif.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)