PENERAPAN METODE MUELLER DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGENALAN HURUF

Authors

  • Fatia Dwi Febrianti Jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.985

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pengenalan huruf dengan menggunakan metode Mueller pada anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Waturenggong  Denpasar Barat semester II tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus.Subjek penelitian adalah 18 orang anak Taman Kanak-kanak pada kelompok B semester II tahun pelajaran 2012/2013. Data penelitian tentang perkembangan bahasa dikumpulkan dengan metode observasi dengan instrumen berupa lembar format. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif.

Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif dan analisis deskritif kuantitatif diperoleh rata-rata persentase kemampuan pengenalan huruf anak kelompok B semester II di Taman Kanak-kanak Waturenggong pada siklus I sebesar 51,55  % dan rata-rata persentase kemampuan pengenalan huruf pada pada siklus II sebesar 89,55%. Data ini menunjukkan adanya peningkatan rata-rata pada persentase kemampuan dalam kegiatan pengenalan huruf pada anak dari siklus I ke siklus II sebesar 38% dan berada pada kategori sangat aktif.

Downloads

Published

2013-07-10

How to Cite

Febrianti, F. D. (2013). PENERAPAN METODE MUELLER DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGENALAN HURUF. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.985

Issue

Section

Articles