PENERAPAN METODA MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA KARTU GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.994Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan bahasa melalui penerapan metode pembelajaran mind mapping berbantuan kartu gambar pada anak kelompok A semester II di Taman Kanak - kanak Hindu Widya Kerthi Denpasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah anak Taman Kanak - kanak Hindu Widya Kerthi Denpasar pada kelompok A Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 10 dengan 9 orang anak laki-laki dan 1 anak perempuan. Data penelitian tentang perkembangan kemampuan bahasa dikumpulkan dengan metode observasi dengan instrumen berupa lembar format observasi. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis deskritiptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan perkembangan kemampuan bahasa dengan penerapan model pembelajaran mind mapping berbantuan kartu gambar. Dari siklus I ditemukan bahwa kemampuan bahasa sebesar 52,30% yang berada pada kategori sangat rendah dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 91,10% tergolong pada kategori sangat baik. Jadi terjadi peningkatan perkembangan kemampuan bahasa sebesar 38,80%.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)