PENERAPAN METODA MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA KARTU GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA

Authors

  • Made Pratiwi Indriyani

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.994

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan bahasa melalui penerapan metode pembelajaran mind mapping berbantuan kartu gambar pada anak kelompok A semester II di Taman Kanak - kanak Hindu Widya Kerthi Denpasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus.  Subjek penelitian ini adalah anak Taman Kanak - kanak Hindu Widya Kerthi Denpasar pada kelompok A Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 10  dengan 9 orang anak laki-laki dan 1 anak perempuan. Data penelitian tentang perkembangan kemampuan bahasa dikumpulkan dengan metode observasi dengan instrumen berupa lembar format observasi.  Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis deskritiptif  kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan perkembangan kemampuan bahasa dengan penerapan  model pembelajaran mind mapping berbantuan kartu gambar. Dari siklus I  ditemukan bahwa kemampuan bahasa sebesar 52,30% yang berada pada kategori sangat rendah dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 91,10% tergolong pada kategori sangat baik.  Jadi terjadi peningkatan perkembangan kemampuan bahasa sebesar 38,80%.

Downloads

Published

2013-07-10

How to Cite

Indriyani, M. P. (2013). PENERAPAN METODA MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA KARTU GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.994

Issue

Section

Articles