PENERAPAN METODE DEMONSTRASI MELALUI KEGIATAN SENI TARI BERBANTUAN MEDIA AUDIO CASSETTE TAPE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK

Authors

  • Ni Ketut Astini

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.997

Abstract

Keterampilan motorik kasar merupakan salah satu aspek perkembangan di Taman Kanak-Kanak. Keterampilan motorik kasar merupakan keterampilan gerak tubuh secara harmonis dan sangat berperan untuk mencapai keseimbangan yang menunjang gerak anak. Salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar anak adalah seni tari. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan motorik kasar anak Taman Kanak-kanak pada kelompok B setelah penerapan metode demonstrasi melalui kegiatan seni tari berbantuan media audio cassette tape pada semester II di Taman Kanak-kanak Titi Dharma Denpasar Kecamatan Denpasar Utara Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian ini melibatkan 20 orang anak Taman Kanak-kanak Titi Dharma Denpasar, yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Data penelitian tindakan kelas dikumpulkan dengan metode observasi dengan instrumen lembar format observasi. Hasil data dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik  deskriptif dan metode analisis statistik kuantitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan motorik kasar dengan penerapan metode demonstrasi melalui kegiatan seni tari.  Pada siklus I keterampilan motorik kasar sebesar 62,05% yang berada pada kategori rendah dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 90,25% tergolong pada kategori sangat tinggi. Dari data hasil penelitian siklus I ke siklus II peningkatan keterampilan motorik kasar anak sebesar 27,75%.

 

Downloads

Published

2013-07-10

How to Cite

Astini, N. K. (2013). PENERAPAN METODE DEMONSTRASI MELALUI KEGIATAN SENI TARI BERBANTUAN MEDIA AUDIO CASSETTE TAPE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.997

Issue

Section

Articles