PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN KARTU GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF

Authors

  • Ni Km Ayu Trisna Dewi

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.998

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif melalui penerapan model pembelajaran make a match berbantuan kartu gambar pada anak kelompok A semester II Tahun Ajaran 2012/2013 di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Badung. Jens penelitin ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah anak Taman Kanak-kanak pada kelompok A Semester II Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 20 dengan 11 orang anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Data penelitian tentang perkembangan kemampuan kognitif anak dikumpulkan dengan metode observasi dengan instrument berupa lembar observasi. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan meode analisis deskriptif dan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bawa terjadi peningkatan perkembangan kemampuan kognitif anak dengan penerapan model pembelajaran make a match berbantuan kartu gambar pada siklus I sebesar 45,90% yang berada pada kategori sangat rendah ternyata mengalami peningkatan pada siklus II menjadi sebesar 93,50 % tergolong pada kategori sangat tinggi. Jadi terjadi peningkatan perkembangan kemampuan kognitif anak sebesar 47,60%.

Downloads

Published

2013-07-10

How to Cite

Dewi, N. K. A. T. (2013). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN KARTU GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.998

Issue

Section

Articles