NGAWIGUNAYANG PIRANTI WAYANG CENKBLONK PINAKA UTSAHA NINCAPANG KAWAGEDAN NYURAT LENGKARA SANE MADAGING BASITA PARIBASA SISIA KELAS VII H SMP NEGERI 1 SUKASADA

Authors

  • I Gede Suputra Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Gunatama Universitas Pendidikan Ganesha
  • I B Rai Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbb.v4i1.20715

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran menggunakan media wayang cenkblonk dalam usaha meningkatkan kemampuan menulis basita paribasa ke dalam kalimat, (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar menulis basita paribasa ke dalam kalimat dan, (3) mendeskripsikan respons siswa di dalam pembelajaran menggunakan media wayang cenkblonk. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII H SMP Negeri 1 Sukasada. Sumber data dari penelitian ini adalah hasil tes akhir dari setiap siklus. Data mengenai langkah-langkah pembelajaran menulis basita paribasa di dalam kalimat menggunakan media wayang cenkblonk dikumpulkan dengan metode observasi yang dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Data mengenai kemampuan menulis basita paribasa di dalam kalimat dikumpulkan dengan  metode tes yang dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Data mengenai respons siswa dikumpulkan dengan metode angket atau kuesioner yang dianalisis dengan metode deskriptif kuantitaif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) langkah-langkah pembelajaran menulis basita paribasa di dalam kalimat menggunakan media wayang cenkblonk efektif diterapkan, (2) media wayang cenkblonk dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis basita paribasa di dalam kalimat. dan (3) respons siswa terhadap pembelajaran menulis basita paribasa di dalam kalimat menggunakan media wayang cenkblonk adalah sangat bagus. Siswa termotivasi untuk belajar menulis basita paribasa menggunakan media wayang cenkblonk.

 

Kata kunci: media, wayang cenkblonk, menulis, basita paribasa

Downloads

Published

01-04-2017

Issue

Section

Articles