Menulis Puisi Bali Modern dengan Model Project Based Learning Siswa SMA Negeri 3 Singaraja

Authors

  • Ayu Septiani Putu Mahasiswa
  • Ida Bagus Made Ludy Paryatna
  • I Wayan Gede Wisnu

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbb.v10i2.62643

Keywords:

model, projek, pembelajaran, menulis, puisi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memamparkan tentang: (1) Tata cara guru melaksanakan pembelajaran menulis puisi Bali Modern dengan model PjBL pada siswa kelas X C SMA Negeri 3 Singaraja, (2) Model PjBL dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis Puisi Bali Modern pada siswa kelas X C SMA Negeri 3 Singaraja, (3) Pendapat siswa terkait model PjBL yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi Bali modern pada siswa kelas X C SMA Negeri 3 Singaraja. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XC SMA Negeri 3 Singaraja sedangkan objek pada penelitian ini adalah model PjBL yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi Bali modern. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini meliputi: (1) Tahapan pelaksanaan penelitian secara langsung di kelas mengenai penerapan model PjBL untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi Bali modern pada siswa kelas X C SMA Negeri 3 Singaraja, (2) Model PjBL dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi Bali modern pada siswa kelas X C SMA Negeri 3 Singaraja. Hasil tes menulis puisi Bali modern pada siklus I memperoleh rata-rata 75,94 dan paa siklus II mengalami peningkatan rata-rata 81,67, (3) Siswa berpendapat baik mengenai penerapan model PjBL untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi bali modern pada siswa kelas X C SMA Negeri 3 Singaraja. Hasil rata-rata pendapat siswa setelah mengisi kuesioner pada siklus I memperoleh rata-rata pendapat 19,11 dan pendapat siswa pada siklus II mengalami peningkatan dan memperoleh rata-rata 23,56.

 

Kata kunci: model, PjBL, menulis, puisi Bali modern

References

Arikunto, S. 2006. Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta:PT. Bumi Aksara.)

Dalman, H, 2016. Keterampilan Menulis. PT Rajagrafindo Persada:Jakarta.

Damayanti. 2013. Buku Pintar Sastra Indonesia Pintar Puisi, Sajak, Syair, Pantun dan Majas. Yogyakarta: Araska.

Fathurrohman, M. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.

Goodman, Brandon and Stivers, J. 2010. Project-Based Learning. Educational Psychology. ESPY 505.

Hopkins, David.A. 2010. Teacher’s Guide to Classroom Research. Philadhelpia: Open University Press. hlm. 44

Mahtumi dkk, 2022. Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Bassed Learning.) Uwais Inspirasi Indonesia:Jawa Timur.

Medera, I Nengah, dkk. 2007. Kasusastraan Bali. Denpasar: Dinas Kebudayaan Provinsi Bali.

Mustakim. (2010). Membina Kemampuan Berbahasa. Jakarta: PT Gramdia. Pustaka Utama.

Poni, F, Kamarudin, Rustam. 2022, 'Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Dalam MenulisTeks Puisi Di SMP', Jurnal Lentera, Vol. 21 No. 1, hh. 16-27. https://www.ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/lentera/article/download/592/247

Pratiwi, E. T., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran project based learning. Jurnal Basicedu, 4(2), 379-388.

Tarigan, Henry G, 1986. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:Angkasa.

Tarigan. 2008, Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung:Angkasa.

Trianto, 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Ceet. 6, Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

Wahyuni, 2022. Penerapan Film Pendek Guru untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bali Modern Siswa Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 2 Banjar, Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha, Vol 9 No 2. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBB/article/view/46756

Yulinah, P, 2019. Buku Model Pembelajaran Inovatif: Teori dan Aplikasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Bandung:Manggu Makmur Tanjung Lestari.

Yuni, S. S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Media Papan Puzzle Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Kelas V Min 4 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Downloads

Published

29-05-2024