METODE KOOPERATIF TIPE TPS (THINK, PAIR, SHARE) ANGGEN NINCAPANG KAWAGEDAN NYURAT SINOPSIS CERPEN MABASA BALI SISIA KELAS XI MIA-3 SMA NEGERI 1 BANJAR

Authors

  • Dwi Payani Kadek .
  • Ida Bagus Putra Manik Aryana, S.S., M. .
  • I Wayan Gede Wisnu, S.S., M.Si. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbb.v3i1.7413

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan (1) permasalahan siswa XI-3 IPA SMA Negeri 1 Banjar menulis cerpen berbahasa Bali, (2) manfaat metode pembelajaran tipe TPS untuk meningkatkan keterampilan menulis sinopsis cerpen berbahasa Bali siswa kelas XI-3 IPA SMA Negeri 1 Banjar, (3) pendapat siswa XI-3 IPA SMA Negeri 1 Banjar mengenai metode kooperatif tipe TPS. Penelitian ini dipaparkan dengan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Yang menjadi subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa di kelas XI-3 IPA SMA Negeri 1 Banjar. Kemudian objek penelitian yaitu metode kooperatif tipe TPS untuk meningkatkan kemampuan menulis sinopsis cerpen berbasa Bali. Untuk mengumpulkan data penelitian, digunakan lima tata cara pengumpulan sata diantaranya observasi, tes, wawancara, kuisioner/angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini memaparkan tentang (1) tata cara pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode kooperatif tipe TPS di kelas, (2) hasil tes siswa tentang menulis sinopsis cerpen berbahasa Bali, (3) pendapat siswa mengenai metode kooperatif tipe TPS yang sudah d berikan dalam pembelajaran dari angket/kuisioner yang dibagikan, (4) persentase pendapat siswa. Dilihat dari paparan dari hasil penelitian ini, dapat di ambil amanat yang terkadung dalam penelitian yaitu agar guru mampu memberikan pengajaran dengan metode yang variatif, metode yang diguanakan agar sesuai dengan materi, dan guru harus mampu mengetahui kecerdasan siswa agar pembelajaran mampu mencakup semua siswa
Kata Kunci : koopeatif, menulis, sinopsis, cerpen

This research are describe about (1) the problem of SMA Negeri 1 Banjar student’s in XI-3 physical science class about how to write a short in bahasa Bali (2) the benefit of the TPS type syudying method to improve synopsis writing skills for the SMA Negeri 1 Banjar students in XI-3 physical science class (3) the opinion of the SMA Negeri 1 Banjar students in XI-3 physical science class about cooperative method in TPS type. This research are presented on deskriptive qualitative and quantitative. The subject of this research are all the XI-3 physical science class in SMA Negeri 1 Banjar. Then the object of the reasearch is TPS type cooperative method to improve synopsis writing skill of writing short story in bahasa Bali. To collecting data for this research, are used 5 ways there are observation, test, interview, questionaire, and documentation. The result of this research are (1) presenting about how to do studying process with cooperative method in TPS type (2) the student’s test result about how to writing synopsis of short story in bahasa Bali (3) the opinion of the students about cooperative method in TPS type which already given studying process and by the questionnaire which already spead (4) the presentage of students opinion. From the result of this research we can see that teacher can give a variate studying method, and the method is should be compatible with the teaching materials, then teacher should know about students intellegence so that all of the students can catch the teacher’s materials.
keyword : cooperative, writing, synopsis, short story

Published

13-07-2016

Issue

Section

Articles