PENINGKATAN PENGUASAAN UNGGAH-UNGGUH BASA MELALUI METODE NITENI, NIROKE, NAMBAHI BERBANTU MEDIA KARTU
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbb.v11i2.83814Keywords:
Unggah-ungguh basa, Niteni , Niroke , Nambahi, Media kartuAbstract
Penguasaan unggah-ungguh basa peserta didik kelas X Animasi 4 SMK Negeri 11 Semarang masih tergolong rendah dan perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui peningkatan penguasaan unggah-ungguh basa melalui metode niteni, niroke, nambahi berbantu media kartu; 2) meningkatkan penguasaan unggah-ungguh basa melalui metode niteni, niroke, nambahi berbantu media kartu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek peserta didik kelas X Animasi 4 SMK Negeri 11 Semarang sebanyak 36. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode niteni, niroke, nambahi berbantu media kartu pada kelas X Animasi 4 dapat meningkatkan hasil belajar dan kualitas pembelajaran. Sebelum intervensi, nilai rata-rata kelas sebesar 62,5 kemudian meningkat pada siklus I menjadi 72,5 dan pada siklus II meningkat menjadi 85. Jumlah peserta didik yang tuntas pada pembelajaran unggah-ungguh basa juga mengalami peningkatan. Sebelum intervensi sebanyak 9 peserta didik tuntas, kemudian pada siklus II sebanyak 20 peserta didik tuntas, dan pada siklus II sebanyak 30 peserta didik tuntas. Temuan penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi untuk meningkatkan penguasaan unggah-ungguh basa melalui metode niteni, niroke, nambahi, berbantu media kartu
References
Afifah, N., Purwati, R., & Casta. (2021). Optimalisasi Flashcard untuk Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan di Pendidikan Dasar. Action Research Journal Indonesia (ARJI), 3(4), 232–251.
Akbar, R. F., & Nita, S. (2023). Rancang Bangun Media Pembelajaran Bahasa Jawa Berbasis Android Pada SDN 1 Manisrejo Madiun. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi-2023.
Anafiah, S., & Hangestiningsih, E. (2019). Implementation of Learning Models Numbered Head Together Through Tamansiswa Teachings Niteni, Niroke, Nambahi in the Written Indonesian Language Skills Course Elementary School Teacher Education Study Program. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 287–295. https://doi.org/10.21009/AKSIS
Andayani, A. S., Subekti, H., & Sari, D. A. P. (2021). Pendidikan Sains Relevansi Konsep Niteni, Nirokke, Nambahi Dari Ajaran Ki Hajar Dewantara Dalam Konteks Pembelajaran Sains. 9(1). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/pensa/index
Aulya, R., Zulyusri, & Rahmawati. (2021). Media Pembelajaran Berbentuk Kartu dengan Metode Permainan UNO pada Materi Protista. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 421–428. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/index
Fatmawati, Y., & Wiranti, D. A. (2023). Analisis Kesulitan Keterampilan Berbicara Unggah-Ungguh Bahasa Jawa Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(5), 2053–2063. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i5.5634
Fauhah, H., & Rosy, B. (2021). Analisis Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321–334. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap
Giwangsa, S. F. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KUARTET PADA PEMBELAJARAN IPS SEKOLAH DASAR. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i1.3992
Hasibuan, R. (2024). Penggunaan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Bagi Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 373–384.
Hasriadi. (2022). Metode Pembelajaran Inovatif di Era Digitalisasi. Jurnal Sinestesia, 12(1), 136–151. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/161
Imron, A. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Doli Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smp Pada Materi Listrik. Journal Of Social Studies, Arts And Humanities (JSSAH), 02(01), 12–18. https://journal.unpak.ac.id/index.php/proceedings
Khatimah, H. (2022). Pengaruh Teknik Pembelajaran Kreatif Produktif terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa SMP. Ainara Journal, 3(1), 54–60. http://journal.ainarapress.org/index.php/ainj
Khoiriyah, L., Wijayanti, K. D., & Rahadini, A. A. (2023). Tingkat Tutur pada Cerkak di Web Page Jawasastra. Sutasoma : Jurnal Sastra Jawa, 11(1), 109–123. https://doi.org/10.15294/sutasoma.v11i1.63095
Kholiq, Y. N., Maesyaroh, W., & Insani, N. H. (2024). Internalization of the Tri Rahayu Concept as a Prevention Effort Bullying at School. PAKAR Pendidikan, 22(1), 156–167. https://doi.org/10.24036/pakar.v22i1.530
Kholiq, Y., & Sukoyo, J. (2023). The Correlation Between Senior High School Students’ Personality Types and Writing Cerkak Ability. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(4). https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i4.3539
Latifah, N. N. (2019). PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL BAHASA JAWA DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI SDN SAMBIROTO 01 SEMARANG. JDP: Jurnal Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.21009/JPD.010.15
Lestari, W. D., Sulaksono, D., & Waluyo, B. (2022). STRATEGI PEMBELAJARAN UNGGAH¬-UNGGUH BAHASA JAWA PADA GENERASI MILENIAL SEBAGAI UPAYA PEMERTAHANAN NILAI BUDI PEKERTI. Jurnal Diwangkara, 1(2), 93–101.
Maesyaroh, W., & Insani, N. H. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Powtoon Pada Materi Dialog Berbahasa Jawa. Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 9(2), 229–238. https://doi.org/10.15294/piwulang.v9i2.49314
Mulyani, & Nisa, A. F. (2023). Metode SQ3R Terintegrasi Tri-N dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 687–696.
Nafisah, A. N., Ainin, Moh., & Tohe, A. (2021). Pengembangan Kartu Permainan Talk or Dare untuk Pembelajaran Kemahiran Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas V. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(6), 763–774. https://doi.org/10.17977/um064v1i62021p763-774
Rahayu, A., & Utaminingsih, R. (2020). Integration of High Order Thinking Skills in Online-Based Elementary School Science Instruction Development Course. International Conference on Technology, Education and Sciences, 50–58. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/incotes/index
Rahayu, I., Istiqomah, Purnami, A. S., & Agustito, D. (2018). Penerapan Konsep 3n (Niteni, Nirokke, Nambahi) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 634–638.
Rahmatullah, Inanna, & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. 12(2). www.canva.com.
Rinaldi, I. M. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Dialog Sederhana Sesuai Unggah-Ungguh Bahasa Jawa Dengan Menggunakan Metode Role Playing. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 6(2). http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD
Setyawan, B. W. (2018). Fenomena Penggunaanunggah Ungguh Basa Jawa Kalangan Siswa Smk Di Surakarta. Widyaparwa, 46(2), 145–156.
Suhada, S., Bahu, K., & Amali, L. N. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Map Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jambura Journal of Informatics, 2(2), 86–94. https://doi.org/10.37905/jji.v2i2.7280
Sunarti, S. (2020). METODE MENGAJAR KREATIF DALAM MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN. Jurnal Perspektif, 13(2), 157–164.
Talimbung, V. (2023). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas di Klasis Telutih, Kabupaten Seram Bagian Timur. Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 56–60.
Taufiq, I., & Agustito, D. (2021). Uji Kelayakan Modul Trigonometri Berbasis Ajaran Tamansiswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Wulandari, I., Hendrian, J., Sari, I. P., Arumningtyas, F., Siahaan, R. B., & Yasin, H. (2020). Efektivitas Permainan Kartu sebagai Media Pembelajaran Matematika. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(2), 127–131. http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.