Meningkatkan Kemampuan Paribahasa Bali Melalui Model Project Based Learning Siswa Smp Negeri 5 Melaya GERI 5 MELAYA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbb.v11i1.68331Keywords:
model, project based learning, paribahasa, baliAbstract
Penelitian ini pada dasarnya memiliki tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengaplikasian sekaligus manfaat positif dipergunakannya model Project Based Learning pada pembelajaran Peribahasa Bali, bagaimana tahapan atau sintak pembelajaran yang efektif dan efisien sebab pembelajaran dilaksanakan sesuai runtutan, bagaimana memunculkan gairah belajar pada siswa dengan memancing nalar serta pikiran kritis melalui kegiatan proyek dalam kegiatan pembelajaran, serta bagaimana dengan memanfaatkan model pembelajaran terkait dapat membantu meningkatkan kompetensi para siswa terutama di kelas VIII A SMP Negeri 5 Melaya tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 23 orang siswa. Adapun subjek dalam penelitian ini tidak lain adalah seluruh siswa kelas VIII A SMP Negeri 5 Melaya, sedangkan yang menjadi objeknya adalah pembelajaran peribahasa Bali yang menggunakan model Project Based Learning. Adapun data yang berhasil dikumpulkan pada penelitian ini bersumber dari kegiatan observasi, tes dan juga kuesioner tersusun. Adapun analisis data yang digunakan ialah teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan rumusan masalah, diperoleh hasil bahwa pembelajaran terlaksana dengan baik sesuai sintak dan perencanaan pembelajaran, siswa pun memperoleh hasil yang memuaskan, serta memberikan pendapat atau tanggapan positif terhadap jalannya pembelajaran menggunakan model Project Based Learning. Oleh sebab itu, berdasarkan hasil positif yang diperoleh maka dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa pemilihan dan penggunaan model Project Based Learning pada pembelajaran Peribahasa Bali dengan sasaran siswa kelas VIII A SMP Negeri 5 Melaya tepat mengenai inti tujuan pembelajaran tersebut.
Kata kunci : Model pembelajaran, Project Based Learning, peribahasa Bali.
References
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Upada Sastra Rineka Cipta.
Anghalya Nurhadityati, Rusdinal, Yanti Fitra. Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar.
Goodman, Brandon and Stivers, J. 2010. Project-Based Learning. Educational Psychology. ESPY 505.
Ines Dwi Astuti, Toto, Lia yulisman. Model Projek Based Learning (PjBL) terintegrasi STEM Untuk Meningkatkan Penguasaan konsep dan aktivitas belajar siswa. Jurnal Quangga; Diakses pada tanggal 28 Juni 2023 pada link https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/article/view/1915/0
Ine Rahayu Purnamaningsih,Tedi Purbangkara, Ibnu Mathumi. 2022. Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning). Sidoarjo: Uwais Inspirasi Indonesia
Putri Khoerunnisa, S. M. 2020. Analisis Model - Model Pemblajaran. Universitas Muhamamadiyah , 26.
Simpen, W. 2010. Basita Paribasa. Denpasar.
Sugiyono., P. D. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trianto, 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Ceet. 6, Jakarta:Kencana Prenada Media Group.
Wicaksono, Fachri dkk. 2023. Inovasi Model Pembelajaran Melalui Project-Based Learning: Menggali Potensi Kreativitas Siswa. Jurnal JEMBA Vol.3, No.2. Diakses pada tanggal 25 Juni 2023 pada link https://ojs.unikom.ac.id/index.php/jemba/article/view/11867/4178
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.