Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Unsur Intrinsik Cerpen Menggunakan Metode Mind Mapping
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbb.v10i2.47975Kata Kunci:
analisis, intrinsik , mind mappingAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) tata cara menggunakan metode untuk meningkatkan kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Banjar, (2) Metode dapat meningkatkan kemampuan menganalisis unsur intrinsik Cerpen siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Banjar, (3) tanggapan siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Banjar terhadap penggunaan metode dalam pembelajaran menganalisis unsur intrinsik Cerpen. Objek penelitian ini adalah pembelajaran menganalisis unsur intrinsik Cerpen menggunakan metode Mind Mapping. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, tes dan kuesioner. Metode analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini meliputi: (1) tata cara menggunakan metode di dalam pembelajaran menganalisis unsur intrinsik Cerpen pada siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Banjar sesuai dengan RPP yang dibuat, (2) menggunakan metode dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Banjar dalam pembelajaran menganalisis unsur intrinsik Cerpen terdapat peningkatan nilai rata-rata, pada siklus I 64,94 dan pada siklus II 86,57, (3) tanggapan siswa terhadap metode tergolong baik. Terdapat pengaruh yang baik dan signifikan setelah menggunakan metode mind mapping dalam pembelajaran menganalisis unsur intrinsik Cerpen.
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Eko, Sugiarto. 2013. Cara Mudah Menulis Pantun Puisi Cerpen. Yogyakarta: Khitah Publishing.
Ikbal, I. 2021. Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen dengan Model Pembelajaran Mind Mapping pada Siswa Kelas IX. Journal of Education Action Research, 5(4), 465-471. (diakses pada tanggal 10 Oktober 2021) https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/12333/21019
Novyta Handayani, Luh Putu. 2016 “Kawigunan Media Audio Visual Marupa Gending Pop Bali Ring Peplajahan Nyurat Cerpen Basa Bali Maaksara Latin Sisia Kelas X Multimedia 2 SMK Negeri 1 Sukasada wasra 2016” Singaraja. [diakses pada 2 Oktober 2021)
Sholeh, K., & Afriani, S. 2016. Teknik mind mapping sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen pada siswa sma. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 2(2), 27-45. (diakses pada tanggal 10 oktober 2021) http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya/article/view/3462/3250
Simanungkalit, M. 2020. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Unsur Intrinsik Cerpen Dengan Peta Konsep Di Kelas XI SMA Swasta Hkbp Butar. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 1(3), 209-216. (diakses pada tanggal 5 Oktober 2021) https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JPPG/article/view/5417
Subakti, H. 2019. Pengembangan Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Dengan Model Mind Mapping Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 11 Samarinda Tahun Pembelajaran 2018 2019. Jurnal Basataka (JBT), 2(2), 1-7. (diakses pada tanggal 5 Oktober 2021) https://jurnal.pbsi.uniba-bpn.ac.id/index.php/BASATAKA/article/view/67
Susmayuri, Ni Wayan. 2019 “Metode Mind Mapping Anggen Nincapang Kawagedan Nyurat Cerpen Ring Sisia Kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Dawan warsa 2019” Singaraja. [diakses pada 30 November 2021]
Suyanto, 1997.Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tin dakan Kelas (PTK) Pengenalan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Dirjen Dikti.
Wendra, I Wayan. 2011. Buku Ajar Keterampilan Berbicara. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni, Undiksha.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.